Danamon Luncurkan D-Wallet

Jakarta, 18 Maret 2018, Pelakubisnis.com —  PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menggandeng PT Nusa Satu Inti Artha (Doku) melahirkan dompet digital bernama D-Wallet. Aplikasi uang berbasis server untuk smartphone ini sekaligus menyasar mereka yang belum memiliki rekening bank.

Head ofartphone Consumer Lending Bank Danamon,  Djamin Nainggolan menargetkan produk baru ini dalam lima tahun diharapkan dapat memiliki satu juta pengguna. “Diharapkan pengguna D-Wallet ini bisa masuk sebagai nasabah kami,” kata Djamin dalam peluncuran D-Wallet, di Menara Bank Danamon, pertengahan Maret 2018.

Menurut Djamin potensi pengguna uang elektronik ini masih besar, karena saat ini masyarakat yang mempunyai rekening di bank baru 36 persen. Selain itu dengan pengguna ponsel pintar yang semakin tinggi bisa meningkatkan jangkauan dari aplikasi D-Wallet ini.

Dengan semakin banyaknya pengguna maka diharapkan literasi dan inklusi keuangan bisa lebih meningkat. Apalagi pemerintah juga sedang menggalakkan gerakan nasional keuangan non tunai.

Sebagai gambaran aplikasi D-Wallet ini menurut Djamin memiliki beberapa fitur unggulan, di antaranya adalah tarik tunai, investasi dan pembayaran di AliExpress.

“Layanan D-Wallet menjawab gaya hidup masyarakat saat ini yang lebih memilih berbelanja dan melakukan transaksi secara digital. Dengan D-Wallet, masyarakat lebih leluasa dan nyaman melakukan transaksi elektronik, termasuk merek ayang tidak punya rekening perbankan atau kartu kredit,” ucap Michellina Triwardhany, Direktur SME, Consumer Banking dan Branch Network Bank Danamon, beberapa waktu lalu di Menara Danamon, Jakarta.

Wanita yang akrab disapa Dhany ini menegaskan, D Wallet merupakan langkah inisiatif  Bank Danamon dan DOKU untuk mendukung gerakan non-tunai yang ditetapkan pemerintah. “Layanan ini adalah bagian dari komitmen Bank Danamon untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus memberikan nilai tambah bagi nasabah maupun masyarakat luas. Serta menambah akses terhadap layanan perbankan bagi yang belum mendapatkannya,” katanya.

Thong Sennelius, DOKU mengatakan,  produk D-Wallet ini cocok untuk generasi millenial. Selain itu, “Karena bisa untuk belanja di Lazada, beli tiket AirAsia, Citilink dan langganan Spotify,” kata Thong ketika ditemui di tempat yang sama. Saat ini, DOKU mempunyai sebanyak 1,9 juta nasabah.

Djamin Nainggolan menambahkan data bahwa,   dari penduduk Indonesia baru 36% yang memiliki rekening bank. Menariknya 45% diantaranya adalah pengguna smartphone, dan 24% diantanya adalah pengguna uang tunai.[]sr