Ratusan UMKM Siap Berperan Di AsianGames 2018

Jakarta, 29 April 2018, pelakubisnis.com–Beberapa waktu lalu  Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mengajak  banyak pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) berpartisipasi dalam penyelenggaraan Asian Games 2018. “Selama berlangsung event Asian Games 2018, saya ingin banyak pelaku UKM di Jakarta yang ikut berpartisipasi. Kesempatan itu harus dimanfaatkan dengan baik,” kata Sandiaga Uno.

“Semakin banyak pelaku UKM yang terlibat, lapangan pekerjaan juga semakin bertambah. Oleh karena itu, saya berharap para pelaku UKM memiliki animo yang tinggi terhadap pelaksanaan Asian Games 2018,” ujar nya.

Dalam kesempatan terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar dalam  Rapat Koordinasi Pelaksanaan “Sosialisasi Asian Games XVIII bagi UMKM se-Sumsel di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov Sumsel, Selasa (24/4/2018)  menyampaikan,  sosialisasi ini perlu dilakukan mengingat Asian Games adalah pesta olahraga terbesar di Asia.

Rapat yang diikuti sekitar 188 orang UMKM ini  diadakan guna mempersiapkan penyambutan Asian Games serta manfaat besar bagi UMKM di Sumsel.”Perjuangan untuk menjadi tuan rumah Asian Games ini tidak mudah, sungguh luar biasa. Pada tahun 2014 telah diputuskan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Kemudian diputuskan lagi Provinsi mana yang akan dipilih, lalu pertama diputuskan pertama Provinsi Jakarta dan kedua adalah Kota Palembang. Hal demikian dikarenakan Palembang memiliki kawasan olahraga yang terintegrasi di satu kawasan yaitu JSC,” tuturnya.

Tak hanya sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, perhelatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

“Saya harap setiap daerah untuk mendukung kontribusi yang positif, kontribusi yang signifikan dalam suksesnya perhelatan sosialisasi Asian Games melalui pemberdayaan UMKM di Provinsi Sumsel,”pungkasnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta Irwandi mengatakan, hingga saat ini terdaftar 250 UKM yang menjadi mitra pemerintah provinsi dalam menyediakan pernak-pernik Asian Games 2018. Meskipun demikian, Dinas KUMKMP DKI masih membuka pendaftaran bagi seluruh UKM di Jakarta yang berminat untuk menjadi bagian dari Asian Games 2018.

Bagi UKM yang mendaftar, Dinas KUMKMP DKI akan memberikan pelatihan. “Kami sudah persiapkan di workshop masing masing UKM. Bisa dibeli di tempat workshop UKM sebelum barangnya dijual di venue pertandingan,” tambahnya.

Irwandi menambahkan, saat ini dinas juga masih berkoordinasi terkait pembagian royalti dengan pihak Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc).  Ia ingin masyarakat dengan usaha kecil mereka bisa mendapatkan keuntungan dari terselenggaranya Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.[]sr