BI Selenggarakan Pekan Numismatik Indonesia

Jakarta, 23 Agustus 2018, pelakubisnis.com – Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Pekan Numismatik Indonesia dengan mengangkat tema “Kilasan Numismatik dalam Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia” pada tanggal 23 s.d. 26 Agustus 2018 di Museum BI, Jakarta. Kegiatan tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan dengan Club Oeang Revoloesi (CORE) dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 dan mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018.

Pekan Numismatik Indonesia diselenggarakan untuk mendorong masyarakat mengenal sejarah numismatik Indonesia yang merupakan bagian dari perkembangan sejarah ekonomi Indonesia serta kecintaan terhadap Rupiah sebagai mata uang Indonesia. Acara yang diselenggarakan selama 4 (empat) hari ini meliputi kegiatan:

  1. “Seminar Sejarah Krisis di Indonesia dan Peran Bank Indonesia dalam Mengatasi Krisis”, Kamis, 23 Agustus 2018.
  2. “Workshop Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah dan Mengenal Oeang Republik Indonesia Daerah (ORIDA) Sumatera”, Kamis, 23 Agustus 2018.
  3. “Pameran Numismatik Indonesia: Tiga Zaman dalam Kepingan Cerita”, Kamis-Minggu, 23-26 Agustus 2018. ​​​

Museum BI sebagai salah satu pelopor pengembangan sejarah numismatik di Indonesia menjadi sumber penggalian sejarah bangsa. Menyajikan edukasi yang komunikatif dan informatif, kehadiran Museum BI diharapkan semakin menumbuhkan kecintaan terhadap bangsa dan tanah air. [] yt