Menkeu Kagum dengan Koordinasi Menyambut Kedatangan Atlet Asian Games 2018

Jakarta, 13 Agustus 2018, pelakubisnis.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati didampingi jajaran Pejabat Eselon I Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Ketua Komite Penyelenggaraan Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir melakukan Peninjauan Pelayanan Delegasi Asian games 2018 di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta pada Senin 13/8.

“Ini di dalam rangka kita untuk bisa menerima delegasi Asian Games secara baik, sopan dan sesuai kepribadian Indonesia, namun tetap di dalam suatu tata aturan yang baik,” jelas Menkeu kepada para awak media seusai melakukan peninjauan.

Peninjauan dilakukan mulai dari pelayanan, pengembalian pajak, imigrasi, akreditasi hingga karantina. Sri Mulyani juga mengapresiasi diterjunkannya sejumlah aparat dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) maupun Kepolisian untuk membantu mengarahkan para delegasi yang baru datang.

“Saya meninjau dari awal yaitu dari bagaimana kedatangan masuk Imigrasi yang kemudian dari Karantina yang memiliki petugas untuk membantu. Yang hebat adalah para petugas yang terdiri dari seluruh TNI Polri yang bisa berbahasa Inggris dan bisa membantu atlet dan official untuk mengakreditasikan ID mereka yang sudah mereka bawa dari sana untuk kemudian diberikan stiker dan mendapatkan kalung official dari Asian Games,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengemukakan kesiapan Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) dalam menyambut para delegasi Asian Games.

“Mereka (delegasi) masuk mengambil barang dan teman-teman Bea Cukai juga sudah mengantisipasi flow terhadap penumpang meningkat sangat bagus, mengarahkan penumpang kemudian juga imigrasi dan Bea Cukai. Mereka (delegasi Asian games) tidak mengikuti jalur seperti yang lain, tapi ada counter khusus untuk Asian Games. Untuk Bea Cukai mereka (delegasi) tidak mengikuti jalur hijau atau merah tapi mempunyai jalur Asian Games yang khusus semuanya adalah dibantu penuh official kita,” paparnya. [] ip/ind/nr/sumber: kemenkeu.go.id