Sensasi Menginap di Hotel Kapsul

Siapa bilang kamar hotel  yang nyaman harus berukuran besar?  Coba rasakan kenyamanan menginap di hotel kapsul yang dilengkapi dengan sistem keamanan canggih dan sarana multimedia yang memungkinkan Anda menjelajahi dunia dari kamar hotel berukuran minimalis!  

Jadi ingat  tabung kapsul yang mengubah   Jack Sully, tokoh utama di film Avatar yang menjadi manusia hybrid   yang berkulit biru berambut panjang dan bertelinga lebar yang menggambarkan wujud   suku bangsa Pandora yang secara fisik seperti monster  itu.  Tapi bagaimana bila  tabung kapsul  seukuran ukuran 100 x 200 cm dan memiliki tinggi 1 meter ini sekarang  menjadi  tren di kalangan masyarakat urban sebagai salah satu alternatif memilih penginapan yang murah meriah yang dilengkapi dengan sarana multimedia dan  sistem keamanan digital.

Sumber: booking.com

Tak harus menyediakan area yang besar,  dengan luas tanah  200 meter persegi saja sudah bisa menjalankan bisnis hotel kapsul yang tengah naik daun ini. Memang sekarang ini sedang tren membangun  kamar-kamar kecil  seluas tempat tidur ukuran nomor tiga yang popular disebut hotel kapsul ini. Ditawarkan mulai dari kamar seluas 100 x 200 hingga ukuran 200 x 400 cm dengan tinggi 1 hingga 2 meter.

Mengutip Kompas.com, salah satu pemainnya adalah Start Up  Bobobox  yang memulainya di kawasan Pasar Kaliki, Bandung.  Bahkan sudah menawarkan kemitraan waralaba bagi investor yang berminat masuk e bisnis hotel kapsul ini. Hafidz Syahrial, Partnership Executive Bobobox mengatakan hanya dengan anggaran Rp 1,5 miliar-Rp 5 miliar sudah bisa memiliki 16 kamar hotel kapsul. “Luasan minimalnya bisa 225 meter persegi (m²). Ruko tiga lantai berukuran 5 x 15 m sudah bisa,” seraya menyebutkan,  selain kamar kapsul, nantinya investor juga bisa mendapatkan lobi, ruang publik, kamar mandi, pelatihan pegawai, desain hingga pemasaran. Jika dibandingkan hotel bintang, proses pengembangannya hanya akan memakan waktu 3 bulan-5 bulan.

Seiring dengan meningkatnya tren masyarakat  berwisata ke banyak daerah dan luar negeri, memunculkan banyaknya travel online yang menawarkan penginapan  dengan harga bersaing. Sebut saja,   Reddoorz dan Airy Rooms yang menawarkan kamar dengan harga super murah hingga Rp 100 ribu/malam.

Ada beberapa hal yang penting dan perlu diperhatikan ketika melakukan traveling. Misalnya harus pintar mencari tiket dengan harga yang sesuai dengan kocek di dompet. Tidak hanya tiket pesawat saja,  kita juga perlu hati- hati dalam memilih hotel atau penginapan karena penginapan inilah yang juga memiliki pengaruh besar terhadap pengeluaran budget dalam perjalanan Anda.

Seperti kota Bandung, sekarang ada hotel kapsul yang unik yang bisa menjadi salah satu pilihan mencari penginapan  murah meriah, terutama bagi mereka yang suka backpacker. Dan kapan lagi Anda bisa menikmati fasilitas canggih dengan kamar yang nyaman dengan harga murah? Salah satu hotel terkenal di Bandung adalah hotel bobobox.

Hotel kapsul Indonesia bobobox ini adalah salah satu hotel yang  mengusung konsep unik yang disebut ‘kamar pintar’.  Dimana Anda hanya perlu menekan tombol panel yang ada pada tembok kamar maka warna dan sorot lampu, volume dari music bahkan sampai penguncian pintu pun bisa di atur. Panel ini  terhubung dengan ponsel dari para pengguna kamar hotel sehingga akan semakin mempermudah pengendaliannya.

Proses regitrasi di hotel kapsul ini, dari Check-in sampai masuk kamar rata-rata hanya 2 menit.  Dengan  menggunakan key card,  kita siap  memasuki sebuah penginapan hotel di masa depan,  dimana kita  akan mendapatkan pengalaman digital pada saat awal memasuki hotel hingga masuk ke dalam kamar. Bentuk dari kamar hotel kapsul Indonesia bobobox sendiri seperti deretan kotak atau box yang besar seperti kamar-kamar yang berjejer dalam satu ruangan besar. Dan yang membuat kamar hotel ini unik adalah pada setiap kotaknya di buat dua tempat tidur bertingkat yang memiliki pintu masing- masing. Desain  kamar hotel kapsul   ini memang mengusung konsep seperti kasur tumpuk pada kamar yang berdiameter kecil.

Sistem keamanan menggunakan KeyCard Access, Sumber: pelakubisnis.com

Hotel kapsul tersedia dari beberapa ukuran. Pada bagian samping kasur yang memiliki ukuran king size terdapat sebuah monitor panel kendali dengan ukuran yang hampir sama dengan komputer tablet. Tamu nantinya dapat memilih suasana kamar yang di inginkan, lalu tamu juga bisa memilih warna dari warna kamar dan mengatur tingkat sorot dari cahayanya.

Terdapat sekitar lima belas pilihan untuk cahaya dari putih bahkan sampai warna ungu, bahkan ada juga pilihan untuk dapat mematikan lampu dan juga membuka dan mengunci pintu kamar hotel. Pengendalian ini memang terhubung dengan ponsel para tamu dengan aplikasi yang telah diunduh diawal registrasi.

Ada beberapa fitur lain yang di kembangkan agar efisiensi dari penyejuk ruangan serta lampu pada saat kamar sedang kosong karena adanya sistem sensor dimana nantinya akan tahu jika ada orang atau tidak ada.

Memang, jika dibandingkan dengan kualitas hotel-hotel biasa yang secara fisik lebih luas, maka bisa dipastikan kita akan menemukan berbagai macam hal-hal yang kurang di dalam hotel kapsul. Mulai dari keamanan bahkan sampai fasilitas penunjang kenyamanan.

Namun kelebihan dari hotel dengan ruang terbatas ini adalah  menggunakan teknologi modern, canggih dan inovasi terkini. Demikian juga untuk biaya sewa kamar sangat terjangkau. Hanya dipatok seratus ribuan rupiah, maka Anda bisa mendapatkan fasilitas hotel kapsul yang saat ini sudah  tersedia di beberapa tempat di Indonesia seperti di  Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Bobobox –Bandung, dan  ada juga QB Sleep Capsule Hotel di Kuta Central Park – Bali. []Siti Ruslina/Ilustrasi: Portal Berita Bisnis Wisata