BEI Kembali Galeri InvestasiAwards 2018

Jakarta, 22 November 2018, pelakubisnis.com – Bursa Efek Indonesia kembali menggelar penghargaan Galeri Investasi BEI Awards 2018, pada 22/11. Penghargaan ini sudah dilaksanakan sejak 2011 ini merupakan bentuk apresiasi atas peran dan dukungan Galeri Investasi BEI dalam memasyarakatkan pasar modal di kalangan akademisi maupun masyarakat umum.

Pada tahun ini BEI memberikan 5 kategori penghargaan Galeri Investasi Terbaik yakni Galeri Investasi BEI Terbaik Kategori Syariah, Pengembangan dan Inovasi Kegiatan, Nilai Transaksi, Aktivitas Edukasi dan Pemerataan Informasi, serta Penambahan Jumlah Rekening Efek. Sebanyak 15 dari total 410 Galeri Investasi BEI menerima penghargaan Galeri Investasi Awards ini.

Pada tahun ini BEI juga mengundang Perwakilan Galeri Investasi BEI di daerah yang baru saja terkena bencana yaitu Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah dan STIE AMM Mataram, Nusa Tenggara Barat untuk turut hadir dalam rangkaian acara Penghargaan GI BEI. Undangan secara khusus ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas komitmen dan keaktifan mereka dalam mendukung pengembangan pasar modal di daerahnya meskipun baru saja mengalami bencana alam.

Galeri Investasi merupakan transformasi baru dari Pojok Bursa yang sebelumnya telah ada, namun dengan konsep kerja sama yang berbeda dengan melibatkan 3 pihak yaitu BEI, Anggota Bursa (AB) dan Perguruan Tinggi. Pada tahun 2017 konsep pendirian Galeri Investasi BEI mengalami perubahan kembali dengan peningkatan hubungan kerja sama yang tidak hanya terbatas pada peguruan tinggi, namun juga institusi atau lembaga non kampus.

Hingga saat ini jumlah Galeri Investasi BEI terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari tahun ke tahun. Pertumbuhan jumlah Galeri Investasi BEI yang semakin banyak menunjukkan semakin baiknya perkembangan pasar modal Indonesia.

Sampai dengan November 2018 total telah ada 410 Galeri Investasi BEI di seluruh Indonesia, dengan penambahan 91 Galeri Investasi BEI baru di sepanjang tahun ini saja. Jika dibandingkan dengan 155 Galeri Investasi BEI pada tahun 2015, maka telah terdapat peningkatan sebesar 164,52 persen, dan apabila dibandingkan dengan 324 Galeri Investasi BEI di akhir tahun 2017, maka jumlah Galeri Investasi BEI telah bertambah 26,54 persen.

Peran Galeri Investasi di perguruan tinggi sebagai poin satelit BEI di daerah, menjadikan BEI hadir lebih dekat kepada civitas akademika pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Sehingga edukasi dan sosialisasi mengenai pasar modal dapat lebih mudah diterima dan dipahami.[] pr/foto; ist

Berikut adalah daftar pemenang penghargaan GI BEI 2018 dalam tiap kategori:

  1. GI BEI Terbaik Kategori Syariah:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 IAIN Bengkulu PT FAC Sekuritas Indonesia
2 Universitas Muhammadiyah Pontianak PT MNC Sekuritas
3 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara PT Indo Premier Sekuritas
  1. GI BEI Terbaik Kategori Pengembangan & Inovasi Kegiatan:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 STIE Kesatuan Bogor PT MNC Sekuritas
2 STIE Trisakti (Trisakti School Of Management) PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia
3 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta PT FAC Sekuritas Indonesia
  1. GI BEI Terbaik Kategori Nilai Transaksi:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 Universitas Maranatha – Bandung PT Sinarmas Sekuritas
2 STIE Trisakti (Trisakti School Of Management) – JKT PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia
3 Universitas Ciputra – Surabaya PT Maybank Kim Eng Sekuritas
  1. GI BEI Terbaik Kategori Aktivitas Edukasi & Pemerataan Informasi:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 Universitas Sam Ratulangi PT Phillip Sekuritas Indonesia
2 Universitas Maranatha – Bandung PT Sinarmas Sekuritas
3 STIM NITRO MAKASSAR PT MNC Sekuritas
  1. GI BEI Terbaik Kategori Penambahan Jumlah Rekening Efek:
NO PERGURUAN TINGGI ANGGOTA BURSA MITRA
1 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta PT FAC Sekuritas Indonesia
2 Universitas Muhammadiyah Pontianak PT MNC Sekuritas
3 Universitas Negeri Semarang PT Phintraco Sekuritas

Selain itu, BEI juga memberikan penghargaan kepada 3 AB Mitra Galeri Investasi BEI yang telah memberikan dukungan dan kontribusinya dalam pengembangan Galeri Investasi BEI di seluruh Indonesia. Berikut adalah daftar ketiga AB Mitra GI BEI tersebut:

NO ANGGOTA BURSA MITRA
1 PT MNC Sekuritas
2 PT Phintraco Sekuritas
3 PT FAC Sekuritas Indonesia