Buku “KaTa Kreatif akan diluncurkan di Bekraf Festival 2018

Surabaya, 12 November 2018, pelakubisnis.com – Bertepatan dengan kegiatan tahunan Badan Ekonomi Kreatif, Bekraf Festival 2018, Deputi Infrastruktur Bekraf bersama Tim Penilaian Mandiri Kab/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) meluncurkan buku KaTa Kreatif: “Langkah Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia”. “KaTa Kreatif” sendiri merupakan akronim dari “Kabupaten/Kota Kreatif” yang merupakan esensi dari salah satu program Deputi Infrastruktur, yaitu Penilaian Mandiri Kab/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I). Program ini merupakan pemetaan ekosistem, potensi, best practice dan permasalahan pengembangan sistem ekonomi kreatif kabupaten/ kota sebagai bagian dari “Sistem Ekonomi Kreatif Nasional”.

Buku ini merupakan catatan langkah dan temuan lapangan ketika Tim PMK3I memetakan keragaman budaya dan kekayaan kreatif guna menyiapkan infrastruktur yang diperlukan untuk terwujudnya misi berperannya Ekonomi Kreatif di tahun 2025 yang dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Sampai dengan bulan Agustus 2018, www.kotakreatif.id telah diakses oleh 2058 pelaku kreatif dari 204 kabupaten/kota di Indonesia. Secara offline, komitmen daerah untuk menguatkan ekosistem ekraf dengan prioritas spesifiknya telah disepakati oleh 46 kabupaten/kota. Penelusuran di daerah ternyata mempertemukan Tim dengan talenta dan produk yang luar biasa, yang belum pernah kita dengar tetapi sudah mendunia.

Buku ini diharapkan menjadi bagian dari upaya akselerasi serta penguatan kolaborasi ekosistem ekonomi kreatif berbasis budaya dan keragaman Indonesia. Diharapkan pula, buku ini mendorong terjadinya kolaborasi scaling up di antara pelaku ekonomi kreatif yang bersemangat dan berfikiran luas didukung oleh pemahaman atas kemajuan teknologi yang dinamis. []Zulf/bekraf.go.id/foto:ist