Menhub Tandatangani MoU Dengan Timor Leste, Tingkatkan Sektor Transportasi

Jakarta, 22 Januari 2019, pelakubisnis.com  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan penandatangan perjanjian (Mou) dengan Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Jose Agustinho Da Silva di bidang transportasi dengan tujuan meningkatkan perusahaan penerbangan Indonesia dan Timor Leste di ruang rapat Menteri Perhubungan, Jakarta pada 21/1.

Dalam pertemuan tersebut Menteri Perhubungan menyatakan kerjasama ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, perdagangan dan pariwisata antar kedua negara.”Pertemuan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, perdagangan dan pariwisata antara kedua negara. Pertemuan ini diharapkan lebih mendorong pertumbuhan ekonomi dan kualitas sumber daya manusia baik di Indonesia maupun Timor Leste,” ujar Budi.

Apabila dikemudian hari ada peningkatan market demand kapasitas angkut kedua negara dapat dipertimbangkan untuk ditingkatkan.

Penandatanganan MoU antara Indonesia Dan Timor – Leste juga dibidang Pendidikan dan Pelatihan sektor transprotasi. Hal tersebut guna meningkatkan pengetahuan dan kapasitas sumber daya manusia di Timor Leste khususnya di sektor transportasi.

“Kementerian Perhubungan akan menyediakan program pendidikan dan pelatihan keahlian, sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan sesuai dengan kapasitas dan kewenangan serta kesepakatan kedua belah pihak,” tutur  Budi.

Sedangkan, Kementerian Transportasi dan Komunikasi Republik Demokratik Timor Leste akan menyediakan peserta pendidikan dan pelatihan di bidang transportasi.

Kerjasama Indonesia dan Timor Leste di bidang transportasi tidak hanya berhenti di penandatanganan MoU ini. Namun untuk menjaga dan memperluas hubungan antar negara, kedua negara sepakat untuk bertemu kembali di masa mendatang untuk meninjau pelaksanaan penerbangan sesuai perkembangan di masing-masing Negara.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Dirjen Perhubungan Udara Polana Banguningsih, Kepala BPSDM Kemenhub Umiyatun Hayati, Kepala Kabinet Menteri Transportasi dan Komunikasi Timor Leste Alvaro Da Silva dan Presiden Civil Aviation Ana Rosalia Ximenes. [] LKW/RDL/CA/HA/dephub