PT SMI dan Bloomberg Philanthropies Tandatangani MoU

New York, 9 April 2019, pelakubisnis.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyaksikan acara Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding – MoU) antara PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI) dan Bloomberg Philanthropies di kantor Bloomberg Philantropies di New York pada 8/4.

Sri mulyani berharap MoU ini dapat memperkuat dan mengeksplorasi peluang kolaboratif dalam bidang infrastruktur pasar modal, kota berkelanjutan, inovasi pemerintah, dan aspek lainnya terkait Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia.

“Bekerja bersama-sama sangatlah penting. Kalau kita bekerja sendiri meskipun dengan kekuatan dan tekad penuh, hasilnya tidak semaksimal kalau kerja bersama. Dengan bekerja bersama tidak hanya di Indonesia tapi juga lintas negara, kita akan membuat perubahan untuk meraih kemajuan,” ungkap Sri Mulyani mendukung PT SMI sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan.

Bloomberg Philantropies akan memberikan bantuan teknis dan saran kepada PT SMI, bertukar ide, serta memfasilitasi diskusi bagi Kepala Daerah dalam pengambilan keputusan dan penerapan kebijakan untuk mengembangkan kota berkelanjutan di Indonesia.

Selain melakukan penandatanganan kesepahaman, PT SMI juga bekerja sama dengan Bloomberg Philanthropies dan Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI) menyelenggarakan sharing session di New York untuk berbagi pengalaman dalam menerapkan program agar pencapaian pembangunan berkelanjutan dalam kerangka SDGs di Indonesia dapat terealisasi dengan baik.

“SDG Indonesia One akan menghasilkan eksekusi penyediaan infrastruktur yang semakin baik sehingga dapat mentransformasi kebutuhan menjadi peluang bagi banyak pemangku kepentingan yang berpartisipasi dalam berbagai proyek infrastruktur di Indonesia,” tambah Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini.

Antha William, Kepala Divisi Program Lingkungan Bloomberg Philanthropies, mengatakan Indonesia merupakan contoh yang baik untuk kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, sektor swasta, dan filantropi dalam pembangunan berkelanjutan.

“Indonesia merupakan contoh yang baik dalam mengedepankan kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, sektor swasta, dan filantropi untuk secara aktif mendukung pencapaian SDGs,” kata Antha.

Atas berbagai upaya yang dilakukan oleh PT SMI untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia, Menkeu akan terus mendukung dan mendorong PT SMI agar dapat menggali lebih jauh kesempatan kerja sama dan memperluas jejaring komitmen pendanaan yang lebih besar. Dengan demikian, PT SMI sebagai katalisator pembangunan dapat melahirkan berbagai manfaat ekonomi sosial yang lebih merata bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia. []fr/nr/ds/esdm