Akselerasi BRI Incubator Angkat UMKM Menuju Pasar Ekspor

Jakarta, 22 Juli 2019, pelakubisnis.com- Sebagai upaya meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro kecil menengah—UMKM–,   BRI Incubator bersama  organisasi komunitas kewirausahaan GENPRO  menyelenggarakan program pelatihan bertajuk “UMKM Go Global”  di Rumah Kreatif BUMN BRI, Jakarta  (22/7).

Tepatnya  dua tahun lalu BRI Incubator menggulirkan  Program Inkubasi Bisnis UMKM  berbasis 4G (Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global).   Bagaimana mempercepat UMKM Binaan BRI ini untuk bisa bertumbuh cepat.  “Diharapkan dalam beberapa kali pertemuan peserta sudah mengalami pertumbuhan  dua kali lipat dan dapat menembus pasar ekspor,”tutur Djoko Purwanto,  Vice President  Incubation Division for Micro and Ritel Business, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.

BRI Incubator mencermati  sumber daya manusia, sistem dan pemasarannya UMKM. “Kami lakukan  pendampingan secara intensif,”tegasnya.

Diharapkan hingga akhir tahun target peserta mencapai 500 UMKM.  “Dengan catatan, mereka adalah penghasil produk yang usahanya melalui proses kreatif. Kami me-literated, UMKM untuk berkembang. Prinsipnya, kami menghadirkan pembiayaan yang sederhana untuk tujuan menaikkan pendapatan UMKM berlipat-lipat ,”papar Djoko.

Menambah modal kerja harus lebih tertata, punya proyeksi, ada ahli marketing, ahli ekspor dan sebagainya menjadi tugas utama BRI Incubator bagi UMKM di tanah air.  Dan terbukti, dari total 500  UMKM binaan, tervalidasi yang masuk pasar ekspor sekitar  25 UMKM. “Target kami tahun ini, mudah-mudahan naik sekitar 10%  dari total binaan kami bisa masuk pasar ekspor,”katanya serius.

BRI Incubator tak bekerja sendirian.  Ada GENPRO yang tugasnya membantu para UMKM dalam hal pelatihan dan mentoring.  Tak hanya itu. GENPRO juga berkontribusi untuk mengurus jaringan bisnis BRI Incubator yang luas hingga ke mancanegara .

GENPRO  memiliki jaringan yang besar  hingga pasar ekspor. Kerjasama dengan Australia, Belgia, Turki, negara-negara ASEAN, sampai negara-negara di Afrika. “Kami memiliki misi yang sama dengan BRI. Memang harus diakui, tantangannya luar biasa berat. Tapi saya yakin UMKM ini akan terus berkembang,”tambah Presiden GENPRO, Iwan Kurniawan, Lc.

Diharapkan setiap tahun akan ada perusahaan UMKM yang sudah go global. “Kami berupaya  menaikkan skala bisnis UMKM. Itu target jangka pendeknya. Minimal 50% dari mereka bisa menembus pasar global,”ujar  Iwan optimis.

Baik GENPRO maupun BRI sama-sama mempunyai pekerjaan rumah dalam memajukan kinerja UMKM di tanah air. Dalam hal ini dukungan  dari BRI, diantaranya berupa building capacity, menghadirkan pembelajaran-pembelajaran dalam kegiatan mentoring , ke arah soft competency di antara pelaku usaha.

Intinya keduabelah pihak bersinergi memaksimalkan kompetensi masing-masing.  BRI Incubator yang mengumpulkan UMKM nya, GENPRO justru  fokus di pelatihan. “Sesuai dengan program 4Go yang diusung BRI Incubator, GENPRO  berupaya membantu memodernkan dan  merapihkan bisnis UMKM, bagaimana menangani produksi  dan pemasaran lebih  efisien dengan menggunakan channel  marketing digital online agar dapat diterima pasar internasional,”jelas Iwan. []Siti Ruslina