Putri Duyung Resort, Sisi Eksotis Pantai Ancol

Dari ‘hutan beton’ metropolitan  seperti Jakarta  bersyukur kita masih bisa temui resor di tepi pantai. Dengan kekuatan gaya arsitektur bangunan etnisnya, menginap di Putri Duyung Resort  terasa nuansa natural yang ‘Indonesia  banget’.  Apa saja ya fasilitas yang ditawarkan?

Siapa yang tak kenal  Taman Impian Jaya Ancol ?   Tempat rekreasi di tepi laut utara Jakarta ini  terkenal sebagai kawasan wisata  yang  menawarkan konsep  one stop recreation. Beberapa tempat rekreasinya mungkin entah sudah berapa generasi  dari keluarga Anda yang mengenal  nama-nama seperti  Dufan, Atlantis Water Adventure , Ocean Dream Samudera , Seaworld, Pasar Seni yang dilengkapi dengan sarana rekreasi outbound dan taman hijau Ecopark.

Foto: pelakubisnis.com

Salah satu spot yang menarik perhatian ketika  menyusuri  Pantai Ancol adalah melihat pemandangan  seperti pulau kecil yang terdiri dari jajaran cottage yang atapnya mengingatkan kita dengan rumah tradisional suku sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ya! Itu dia Putri Duyung Resort. Yang terletak di seberang  Tugu Tiga Pilar Ancol menghadap ke laut lepas.

Boleh jadi identitas Indonesia sebagai negara  dengan garis pantai keempat di dunia yang menginspirasi PT Taman Impian Jaya Ancol  (Ancol) pada 1973 membangun  resor di tepi laut Jakarta yang diberi nama Putri Duyung Cottage –kini Putri Duyung Resort-red–,  dengan konsep etnik tradisi masyarakat Indonesia bagian timur.   Kalangan  arsitek menyebutnya  arsitektur  vernacular.

Atap bangunan cottage yang  berbentuk geometric persis seperti rumah-rumah adat di bagian timur Indonesia , ditambah dengan 7 hektar kebun tropis yang rimbun, membuat Putri Duyung Resort terasa teduh meski berdiri di wilayah tropis.

Patung yang menjadi ciri khas Putri Duyung Resort (Foto: pelakubisnis.com)

Beberapa waktu lalu pelakubisnis.com  berkesempatan menginap di Putri Duyung Resort. Dari denah yang kami lihat, tak ada yang berubah dari semua bangunan di pulau kecil yang dikelilingi sisi tepi laut Ancol ini.  Ciri khas bangunan  bahkan nama-nama cottage nya  beratribut biota laut dari tahun ke tahun tidak berubah. Namun, sarananya yang terintegrasi, mestinya bisa membuat kita kerasan berlama-lama disini.

Lokasi front office berjarak sekitar 100 meter dari gerbang Putri Duyung Resort. Dari front office kita dapat melihat patung putri duyung yang sempat menjadi perbincangan kalangan netizen di social media,  karena kemben yang menutupi bagian dada patung.  Rasanya, itu tak mengurangi nilai artistik dari patung yang sudah sangat familiar bagi masyarakat yang sering berkunjung ke Ancol.

Di akhir pekan resor ini terbilang tinggi occupancy nya. Beberapa pengunjung terpaksa  gigit jari karena saat itu semua cottage sudah penuh.  Rupanya cara paling aman untuk bisa menginap di resor ini kita harus booking dulu jauh-jauh hari . Di era digital  saat ini, banyak aplikasi travel  online yang dapat membantu kita untuk bisa mendapatkan kamar hotel/cottage dengan mudah.  Bahkan tak jarang juga mereka kasih diskon yang lumayan.

Setelah registrasi beres,  kita bisa langsung mencari cottage sendiri atau bila pengunjung tak membawa kendaraan  room boy  akan siap mengantar  ke cottage tempat kita menginap dengan fasilitas boogie car. Dengan boogie car kita keliling melihat cottage-cottage yang berbentuk geometric dan bernuansa natural dengan menggunakan nama-nama hewan laut seperti Paus, Hiu, Penyu, Lumba-Lumba, Kuda Laut dan lain-lain. Masing-masing nama cottage menunjukkan type cottage yang kita sewa. Saat ini Putri Duyung Resort memiliki 129 unit cottage yang terdiri dari berbagai jenis unit yang disewakan mulai harga Rp 999 ribu – Rp 3 jutaan.

Kebetulan   kami mendapat cottage bangunan dua lantai, yang masing-masing lantainya seluas kurang lebih 30-an meter persegi, yang terdiri dari ruang tidur, ruang tv, mini kitchen,  dan toilet.   Ditata sangat apik dengan desain interior bergaya klasik. Dan yang paling menarik ada pintu akses ke balkon yang dapat langsung memberikan view nan eksotis dari sebuah tampilan tepi laut menghadap ke bangunan tugu 3 pilar Ancol. Terdengar hingar bingar suara konser musik  yang menggema dari Pantai Karnaval Ancol. Perfecto!  Dari balkon kami dapat melihat dari kejauhan aktifitas yang berlangsung di sekitar pantai Ancol.  Kalau penasaran, kita bisa langsung ke pantai untuk melihat konser lebih dekat lagi.

Cukup tahu saja,  tak sedikit konser digelar setiap akhir pekan di Pantai Karnaval Ancol. Di bulan Juli contohnya!  Ancol mengundang  musisi kenamaan seperti Iwan Fals, Endang Sukamti dan Band Type-X.

Menikmati  malam di sekitar Ancol benar-benar memberi atmosfir yang sangat panjang untuk dijelaskan. Ada banyak acara dan tersedia sarana rekreasi  untuk mengisi malam panjang kita menjadi terasa sebentar karena kita ingin mengulanginya kembali.

Untuk dinner dan breakfast ada  Restoran Nyiur  yang didesain sangat cozy dengan pemandangan lepas pantai  dan pasir putih di area outdoor nya ditambah live music yang mengiringi kita makan malam akan memberikan sensasi tersediri  tentang suasana malam di pantai. Restoran  dengan konsep buffet yang ada di Putri Duyung Resort ini cukup terkenal dengan menu masakan yang beragam dari menu nusantara  sampai menu internasional.

Bayangkan! Kita bisa kapan saja menikmati atmosfir sarana wisata di Ancol  sepanjang malam hingga pagi hari.  Jelang subuh,  kita bisa sholat di Masjid Al Huda yang berada tak jauh dari cottage.  Dan yang paling kami tunggu adalah suasana di pagi hari yang sejuk. Ada banyak sarana olahraga yang bisa kita gunakan dengan gratis di dalam cottage. Tersedia sepeda yang bisa kita gunakan dari pagi hingga jam 5 sore dan bisa kita pakai keluar cottage  selama masih dalam kawasan rekreasi  Ancol.

Ada sarana bermain dan berolahraga (Foto: pelakubisnis.com)

Lalu, ada lapangan basket dan sebuah lapangan  sport games klasik ‘Snake & Ladders’ atau yang kita kenal dengan permainan ular tangga. Kita juga dapat jogging  track keliling cottage menyusuri tepi laut. Lalu, untuk anak-anak  tersedia Kids Playground dan dapat melihat hewan-hewan lucu seperti Rusa dan burung Kakatua di area Mini Zoo. Atau anda  ingin berselfi ria di Chapel Bridge?  Jembatan chapel   yang langsung menuju ke tengah laut. Masih ingat momen artis Vicky Prasetyo terjun ke laut dari atas helicopter demi menunjukkan cintanya pada  Angel Elga? Disitulah momen kedua pasangan selebriti itu mengikat janji.

ChapelBridge Putri Duyung Resort (Foto: pelakubisnis.com)

Di dekat Chapel Bridge terdapat gedung besar. Namanya Candi Bentar Hall,  yang berfungsi untuk kegiatan-kegiatan MICE  –Meeting, Incentive, Convention, Exhibition–. Tersedia ruang Gathering Event, Meeting Room dan Wedding Event. Tak sedikit  rombongan bus yang datang menginap di Putri Duyung Resort untuk sebuah  kegiatan MICE.

Pirates Ship Swimming Pool Putri Duyung Resort (Foto: putriduyungresort.com)

Yang tak kalah menarik pada sisi kanan Chapel Bridge, terdapat Pirates Ship Swimming Pool. Sayangnya saat itu tengah dalam proses renovasi.  Akan hadir pula satu fasilitas baru, Infinity Pool, kolam renang yang berada di tepi laut  yang memungkinkan kita mendapatkan background pemandangan  laut lepas seperti aslinya.

Untuk fasilitas olahraga,  Ancol menawarkan banyak alternatif untuk aktifitas berolahraga. Fasilitas di dalam cottage sudah cukup memadai, namun jika ingin keluar cottage, anda bisa jogging di sepanjang pantai atau ikut senam bersama warga yang hampir di setiap hari minggu selalu ramai pengunjung yang sengaja datang untuk berolahraga. Selain ke pantai, kita juga bisa ke Taman Rekreasi  EcoPark, taman hijau yang dilengkapi dengan  sarana  edutainment  dan  sarana olahraga seperti  jogging track, memancing,   memanah , outboundholic  dan lain-lain.

Jadi tunggu apa lagi! Anda akan mendapatkan  banyak cerita indah menginap di Putri Duyung Resort  dan ada banyak spot gambar menarik yang membuat liburan  akhir pekan bersama keluarga atau bersama rombongan sahabat-sahabat terbaik Anda semakin seru! [] Siti Ruslina