Agus Gumiwang: Lanjutkan Program Prioritas

Jakarta, 23 Oktober 2019, pelakubisnis.com – Presiden Joko Widodo menekankan fokus kerja Kabinet Indonesia Maju dalam lima tahun ke depan adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM), penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan usaha kecil, mikro, dan menengah. Visi tersebut akan terus dilanjutkan oleh Kementerian Perindustrian melalui berbagai program dan kebijakan strategis yang telah dijalankan.

“Semua yang dijalankan  Pak Airlangga sudah baik, tugas saya hanya melanjutkan. Tetapi ada tugas-tugas yang harus segera diselesaikan, itu menjadi PR (pekerjaan rumah) bagi saya. Tentunya sesuai dengan arahan dari Bapak Presiden,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara serah terima jabatan di Jakarta, Rabu (23/10).

Airlangga Hartarto,  kini menduduki posisi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Agus Gumiwang dan Airlangga Hartarto merupakan politisi Partai Golkar dan pernah menjadi legislator di DPR RI.

Menurut  Agus, pengembangan kompetensi SDM khususnya untuk memenuhi kebutuhan sektor industri, di antaranya bakal dipasok dari hasil kegiatan pendidikan dan pelatihan vokasi. Selama ini, Kemenperin sudah punya program Diklat 3 in 1, yang juga akan terus didukung dengan program link and match antara Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan industri.

Kemenperin mencatat, periode 2015-2018, telah diselenggarakan pelatihan tenaga kerja industri dengan sistem 3in1 (pelatihan, sertifikasi kompetensi, dan penempatan kerja) yang bekerjasama dengan sejumlah sektor industri. Hasilnya, sebanyak 81.176 orang tenaga kerja industri kompeten yang telah terserap di dunia industri. Pada tahun 2019, Kemenperin menargetkan pelatihan industri berbasis kompetensi dengan sistem 3-in-1 ini dapat meluluskan sebanyak 72.000 orang.

Sementara itu, sejak diluncurkan program vokasi industri yang link and match antara SMK dengan industri pada tahun 2017, Kemenperin telah melibatkan 2.612 SMK dan 1.032 industri. Kegiatan ini menghasilkan sebanyak 4.987 perjanjian kerja sama dan telah menelurkan tenaga kerja industri yang kompeten hingga 594.972 orang.

“Kemudian, kami akan terus mendorong transformasi sektor manufaktur dan pembangunan wilayah-wilayah industri. Bahkan, Bapak Presiden secara khusus menekankan pula pada pengembangan sektor industri kecil dan menengah (IKM),” papar Agus.

Tidak hanya menyasar pada sektor skala besar, Kemenperin juga proaktif mengajak pelaku IKM nasioal untuk melek digital. Oleh karena itu, diluncurkan program e-Smart IKM sejak 2017. Hingga 2019, telah dilaksanakan workshop e-Smart IKM yang diikuti sebanyak 10.038 peserta dengan total transaksi penjualan yang dihasilkan sebesar Rp3,27 Miliar.

Melalui penerapan industri 4.0, diyakini bisa mengoptimalkan potensi pada penambahan pertumbuhan ekonomi sekitar 1-2% dari baseline pertumbuhan 5%, peningkatan kontribusi industri terhadap PDB hingga 25%, peningkatan net export sebesar 10%, dan menciptakan sebanyak 17 juta lapangan kerja. Aspirasi besar dari sasaran tersebut, menjadikan Indonesia masuk dalam jajaran 10 negara yang punya perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030.

“Selanjutnya, untuk memperluas pasar sektor industri, kami akan menguatkan kerja sama bilateral. Ada empat negara yang potensial,” ungkapnya. Di samping itu, Menperin Agus ingin mendorong percepatan penggunaan energi terbarukan, hingga B-100. “Kami juga fokus terhadap substitusi impor,” imbuhnya.

Guna menjalankan tugas-tugas tersebut, Menperin Agus akan berkoordinasi dengan lintas kementerian terkait. “Jadi, tidak ada tumpang tindih kebijakan, sehingga industri akan bergerak lebih baik,” ujarnya. Ia menyampaikan, akan segera melakukan rapat pimpinan di lingkungan Kemenperin.

Agus Gumiwang Kartasasmita ditunjuk sebagai Menperin di era pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024. Sebelumnya, Agus Gumiwang menjabat sebagai Menteri Sosial sejak 24 Agustus 2018, menggantikan Idrus Marham.

Pria kelahiran Jakarta, 3 Januari 1969 ini merupakan putra dari menteri di era pemerintahan Presiden Suharto serta politisi senior, Ginandjar Kartasasmita. Ia menyelesaikan pendidikan S1 di Pacific Western University dan Northeastern University, Amerika Serikat. Jalur pendidikan Agus kemudian berlanjut dengan menempuh pendidikan Pascasarjana Magister Administrasi Publik di Universitas Pasundan, kemudian berlanjut pada program Doktor Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjadjaran.[] sp