Pameran HLN74, Dorong Akselerasi Kendaraan listrik

Jakarta, 7 Oktober 2019, pelakubisnis.com – Upaya mendorong akselerasi program  kendaraan listrik di Indonesia, Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) merespon program tersebut dengan memberi porsi cukup besar bagi pelaku usaha dan komunitas kendaraan listrik Indonesia ikut pameran dalam rangka Hari Listrik Nasional (HLN)74 yang akan belangsung 9 – 11, di Jakarta Convention  Centre.

Porsi kendaraan listrik dalam pameran ini cukup dominan. Hal ini menjadi salah satu komitmen MKI dalam mensukseskan percepatan kendaraan listrik, transportasi listrik di Indonesia,” kata Ifnaldi Sikumbang,  Bidang Publikasi Promosi HLN 74.

Menurutnya  Indonesia kini mulai memasuki era kendaraan listrik sebagai salah satu solusi mengatasi polusi udara, dan menekan impor Bahan Bakar Minyak (BBM). “Sekitar 40-an persen BBM yang sebesar 1,6 juta barrel perhari dikonsumsi untuk kendaraan bermotor,” katanya kepada pelakubisnis.com pada 7/10, di Jakarta.

Namun demikian,  dari sisi biaya energi, mobil listrik lebih murah dibandingkan dengan mobil konvensional. Berdasarkan hitungan Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tahun 2017, biaya energi mobil listrik sebesar Rp155,34/km, mobil hybrid  sebesar 386,80/km dan mobil konvensional sebesar Rp791,18/km.

Karena itu perlu didorong untuk mempercepat sosialisasi dan penggunaan mobil listrik di Indonesia. Dalam prespektif  ketenagalistrikan, mobil listrik menjadi salah satu solusi  memperkuat ketahanan energi di Indonesia. Walaupun secara ekonomi kendaraan listrik lebih mahal dibandingkan kendaraan konvensional. Tapi, ke depan dengan dibangunannya industri baterai kendaraan listrik di dalam negeri, diyakni ke depan kendaraan listrik dapat lebih kompetitif.

Selama pameran HLN74, akan ditampilkan Mobil listrik, Citoren Mehari, Bus TransJakarta, Mercedez Bend E300, Tesla Model 3 dan area test drive. Selain itu, juga dipajang becak listrik, Skateboard, Otoped, Sepeda listrik Torque Kit Hub, Seliged, sepeda LE-BUE dari Lombok, sepeda Basman, Sepeda listrik 5 unit, motor Yamaha Fino,  Vespa PX 150, BMW R27, Motor BFG Bintang dan Honda ST 70/Dax dan Gesit

Tesla menyediakan layanan Test Drive, sedangkan Gesit menyediakan layanan Test Ride di JCC selama pameran event HLN ke-74

Ifnaldi menambahkan, “pada pameran HLN ke-74 ini, sekitar 40% area pameran  dialokasikan untuk mensosialisasi, mempromosikan dan mendorong listrik 4.0 oleh berbagai stakeholders terkait secara cuma cuma[]yt