Lonjakan Transaksi Hingga 3x Lipat di Pesta DANA 11.11.

Jakarta, 14 November 2019, pelakubisnis.com- Bertempat di Kantor Dompet Digital DANA, Capital Place, Jakarta Selatan, siang tadi  berlangsung Pemaparan Hasil Program #Puas11Rupiah di Pesta DANA 11.11. yang menghadirkan narasumber, Vincent Iswara selaku CEO &Founder Dompet Digital DANA dan Lim Kusuma selaku Senior Marketing Manager DANA.

Dijelaskan Lim Kusuma, Senior Marketing Manager Dompet Digital DANA,  event  yang berlangsung 8-11 November lalu  ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat  Indonesia. DANA mendapatkan insight yang menarik dari  implementasi masyarakat  di tanah air yang  mulai terbiasa   bertransaksi menggunakan nontunai secara digital. “Luar biasa growth nya 3 kali lipat  dari  promo di periode peak seperti biasanya. Antusiasnya luar biasa. Tak hanya mengajarkan beralihnya masyarakat menggunakan nontunai tetapi konsep dompet di dalam dompet yang melakukan transaksi digital dapat terealisasi lewat event ini,”papar  Vincent Iswara, CEO & Founder DANA.

Kata Lim,   dompet digital  ini  menggaungkan  event program Pesta DANA 11.11 melalui  banyak tempat seperti  transportasi umum, melalui pusat-pusat belanja juga Macro KOL, content-content creator dan lain-lain. Dari gelaran Pesta DANA 11.11.  kemarin, DANA mendapatkan lonjakan tiga kali lipat traffic dan interaksi yang signifikan melalui layanan dompet digitalnya.

Vincent menyebutkan, tercatat sebanyak 200 ribu pengguna DANA telah mengklaim voucher Rp11 yang dapat dibeli melalui aplikasi dompet digital tersebut. Itu terjadi pada empat menit pertama dalam gelaran Program #Puas11Rupiah. “Animo masyarakat Indonesia dalam gelaran Pesta DANA 11.11 sangat spektakuler. Kita bisa melihat dari traffic online maupun offline naik 3 kali lipat dari biasanya,” ujar Vincent dalam media briefing DANA  siang tadi.

Ia menambahkan, yang terpenting dari gelaran Pesta DANA 11.11 bukan hanya untuk mengajak masyarakat beralih ke pembayaran cashless (nontunai), tetapi untuk menguji sistem yang dipakai platform DANA.”Transaksi UMKM nya saja meningkat sampai 3000 UMKM per hari yang menggunakan transaksi lewat DANA. Mereka terdiri dari usaha kuliner, sembako, serfis seperti bengkel, potong rambut dan lain-lain,”terang Vincent sambil menyebutkan, pihaknya menargetkan dapat merangkul 60 juta UMKM di tanah air.

Maka dari itu menurutnya, DANA harus memiliki sistem  yang kuat, ini adalah saatnya membuktikan bahwa effort dari para engineering dapat mengelola sistem dengan baik walaupun, dengan traffic yang sangat besar. Terbukti, selama gelaran program ini berlangsung, sistem jaringan DANA tetap stabil dan tidak mengalami  down sama sekali. Dan, dari 200 ribu voucher yang diklaim para pengguna tidak terjadi adanya laporan gangguan, sehingga pihaknya dapat meyakinkan para konsumen bahwa sistem Dompet Digital DANA aman dan nyaman.

Alhasil, jumlah transaksi digital menggunakan DANA mengalami peningkatan sebanyak 3 kali lipat dibandingkan dengan jumlah transaksi tertinggi pada hari biasa. Jumlah masyarakat yang melakukan instalasi aplikasi dompet digital DANA selama periode 8-11 November 2019, juga meningkat sebanyak 300 persen. “Antusias kami tidak hanya mengajarkan masyarakat beralih ke nontunai tetapi konsep dari DANA sendiri sebagai dompet didalam dompet yang bisa melakukan transaksi digital. Mulai dari kirim uang, belanja dan lainnya bisa terealisasikan melalui event ini,” terang Vincent seraya menambahkan, DANA akan  terus melakukan ekspansi beberapa kota besar untuk mengajak masyarakat menggunakan pembayaran nontunai (cashless). []sr