Harbolnas 2019, Sembako pun Bisa Dibeli Online

Jakarta, 9 Desember 2019, pelakubisnis.com – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019 resmi diluncurkan Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Agus Suparmanto dan Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia, Ignatius Untung, Senin (9/12) . “Beberapa ecommerce besar yang sebelumnya belum bergabung dalam Harbolnas, kali ini akhirnya menjadi peserta,” kata Untung dalam peluncuran Harbolnas 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto berharap event  ini dapat memberi manfaat bagi seluruh stakeholder e-commerce, khususnya UMKM dalam meningkatkan skala usaha dan memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan produknya lebih efisien dengan jangkauan global.

Selaras dengan harapan Mendag Agus, Untung mengatakan bahwa tak hanya produk-produk lifestyle atau elektronik saja, komoditi juga menjadi produk yang bisa dinikmati diskonnya selama pesta 12.12. “Selamat bergabung kepada Sayur Box, Tani Hub, dan Brambang.com,” katanya. “Untuk konsumen, semoga Harbolnas 2019 benar-benar bisa memberi manfaat kemudahan dan kenyamanan berbelanja Anda,”tambahnya.

Tak hanya itu, fokus pada pengembangan produk lokal juga ditunjukkan dengan penyelenggaraan Harbolnas selama dua hari. Khusus 11 Desember 2019, semua promo ditujukan untuk semua produk lokal.

Selain itu, Harbolnas tahun 2019 juga turut didukung oleh Bank Mandiri sebagai official bank partner. Noorman Andrianto selaku Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri mengatakan, “Sebagai wujud dukungan Bank Mandiri terhadap pertumbuhan ekosistem ecommerce khususnya UMKM, pada periode Harbolnas 2019 pemegang Mandiri Debit dan Mandiri Kartu Kredit berhak untuk mendapatkan diskon s.d 80% di platform online yang terdaftar pada program Harbolnas.” Tidak hanya Itu, Noorman menambahkan, pemegang Mandiri Kartu Kredit juga berkesempatan untuk mengikuti program #semuadapatbonus dengan serangkaian benefit menarik seperti Cashback s.d Rp1 Juta dan Proteksi Kerusakan Rp 1 Juta khusus untuk transaksi di e-commerce pada periode 10 – 12 Desember 2019.

Kemudahan pembayaran selama penyelenggaraan Harbolnas juga ditawarkan layanan uang elektronik, LinkAja. Edward Kilian Suwignyo, Direktur Marketing LinkAja mengatakan, “Sebagai uang elektronik dari dan untuk Indonesia, partisipasi LinkAja sebagai salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan di enam e-commerce, yaitu Sociolla, Gogobli.com, Blibli.com, Blanja.com, GOERS, dan Loket.com diharapkan dapat memajukan penggunaan transaksi elektronik di berbagai aspek kehidupan masyarakat,”.

“Keberadaan kami di enam portal tersebut juga akan semakin memperkuat kegunaan utama kami, baik pembayaran BBM di SPBU, pembayaran berbagai  jenis tagihan, pembayaran digital di berbagai moda transportasi publik, pembelian pulsa dan paket data dari seluruh operator, serta ratusan ribu merchant di seluruh nusantara,”lanjut Edward.

Harbolnas juga didukung oleh Facebook sebagai platform yang mendukung literasi UKM digital sampai ke daerah-daerah, dan juga J&T sebagai partner logistik yang mempunyai jangkauan luas. Seperti diketahui, Harbolnas 2018 berhasil mencatatkan penjualan produk lokal yang cukup mengagumkan. Menurut data yang diolah lembaga penelitian AC Nielsen, setidaknya 46% barang yang terjual selama gelaran Harbolnas 2018 merupakan produk lokal. Selama dua hari, Harbolnas 2018, masih menurut Nielsen, juga mencatatkan kenaikan jumlah transaksi sebanyak lebih dari 6 kali lipat. “Target tahun ini kita bisa mencapai Rp8 trilyun, naik sedikit, compare dengan  transaksi harbolnas tahun lalu yang mencapai Rp6,8 trilyun.  Harusnya optimis tercapai karena ada beberapa  partner baru, ” ungkap Untung sambil menyebutkan  produk lokal yang pasti kuat adalah hasil bumi dimana Harbolnas idEA tahun ini menggandeng  partner baru seperti  Sayur Box dan Brambang.com. []sr