310 Pegawai Baru Pertamina Mengikuti Program Pre Employment Training

Jakarta, 14 Januari 2020, pelakubisnis.com – Pertamina  merekrut 310 generasi muda Indonesia untuk berkiprah di industri migas yang penuh tantangan dan dinamika. Untuk membentuk sikap mental yang tangguh, mereka mendapatkan motivasi dari Direksi Pertamina pada pembukaan program Pre Employment Training (PET) Pertamina 2020 di lantai Mezzanine Gedung Utama Kantor Pusat Pertamina, Selasa (14/1).

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Koeshartanto berpesan kepada seluruh peserta untuk terus bersyukur karena berhasil menyisihkan puluhan ribu pelamar kerja lainnya. Ia menegaskan, rasa syukur tersebut harus ditunjukkan dengan kinerja yang baik sebagai bukti bahwa Pertamina tidak salah memilih karyawan.

“Kami ingin memaknai generasi muda ini sebagai energi baru Pertamina. Mereka harus mensyukuri dan menghargai keberadaannya di sini karena telah melalui proses seleksi yang sangat ketat. Oleh karena itu, mereka harus bekerja dengan baik, jangan menyia-nyiakan kesempatan,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Pemasaran Ritel Mas’ud Khamid. Ia menggarisbawahi, seluruh peserta PET harus dapat menjaga nama baik Pertamina di manapun berada.

“Logo Pertamina merupakan simbol yang menentukan masa depan kita semua. Mari kita jaga logo itu dengan baik meskipun sedang di luar kantor atau di manapun berada. Kita tidak boleh memiliki musuh siapa pun karena masyarakat adalah pelanggan kita. Semua orang yang ada di Republik ini adalah pelanggan kita. Mereka yang membeli produk kita. Jadi, jangan sekali-kali menjatuhkan citra perusahaan,” tegasnya.

Sementara Direktur Logistik, Supply Change dan Infrastruktur Mulyono pun mengutarakan hal yang sama. Sebagai orang yang pernah berada di posisi yang sama dengan mereka ketika baru diterima oleh Pertamina, Mulyono berpesan agar peserta PET harus memiliki integritas, kejujuran, kerja keras, dan jangan perhitungan terhadap perusahaan.

“27 tahun lalu saya menjadi posisi mereka. Pertamina menjadi perusahaan yang membuat negara ini tetap hidup. Kita terus menyediakan gas di Indonesia agar energi di dalam negeri, supaya BBM di dalam negeri bisa sampai ke pelosok ujung negeri. Tidak ada perusahaan lain yang memiliki tugas semulia Pertamina. Saya bangga menjadi bagian dari Pertamina. Produk yang kita hasilkan dibutuhkan semua orang,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang berbagi tips yang bisa diterapkan oleh peserta untuk menjadi pekerja yang baik. Tips ini biasa disingkat CIPS (Change, Inovatif, Profesional dan Speed).

Pertama, kita harus selalu berubah menjadi lebih baik, harus mencetak prestasi. Kedua, inovatif menemukan hal-hal baru untuk kita ciptakan dan kreasi. Ketiga, profesional, ada skill dan integritas yang harus Anda pelajari, asah terus, dan praktikkan. Keempat adalah speed atau kecepatan. Kita saat ini dituntut lebih cepat. Kalau mereka bisa melakukan hal ini dengan baik, apa yang diharapkan pasti terwujud karena mampu memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan dan bangsa,” pungkasnya. [] IDK/AP/sp