TMC, Upaya Cegah Banjir Tanpa Hentikan Hujan

Jakarta, 21 Januari 2020, pelakubisnis.com – Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), terus digalang pemerintah untuk mencegah banjir di wilayah Jabodetabek.  Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza mengatakan, teknologi ini dilakukan bersinergi dengan BNPB, TNI AU,  dan BMKG.

Kepala Balai Besar TMC-BPPT, Tri Handoko Seto, Operasi Modifikasi Cuaca masih terus dilaksanakan. Menyusul prakiraan cuaca yang dirilis oleh BMKG. “Selain prakiraan yang dirilis BMKG, tim TMC-BPPT juga memprediksi bahwa cuaca ekstrem masih akan terjadi hingga 25 Januari,” ujar Seto dalam keterangan persnya, pada 19/1.

Meski harus tetap waspada akan kemungkinan hujan ekstrem tersebut, dia berharap masyarakat tidak panik. Itu karena timnya akan berupaya semaksimal mungkin melaksanakan operasi TMC mengurangi ancaman banjir di Jabodetabek.

Seto menjelaskan, secara teknis tim TMC lebih intensif memonitor pertumbuhan dan pergerakan awan-awan yang diperkirakan akan bergerak menuju wilayah Jabodetabek. Pemantauan tersebut dilakukan sejak dini hari hingga setelah matahari terbenam.

“Awan-awan tersebut jauh-jauh akan segera disemai, biasanya awan-awan tersebut masih berada di Laut Jawa, Selat Sunda dan wilayah Ujung Kulon agar segera turun hujan sebelum memasuki wilayah Jabodetabek,” katanya.

Pada operasi pencegahan banjir, ia menjelaskan, tim TMC dalam sehari harus melaksanakan penerbangan penyemaian awan empat hingga lima kali. Itu berbeda dengan operasi TMC kebakaran hutan dan lahan (karhutla) lalu yang mengoperasikan rata-rata dua kali penerbangan penyemaian awan perhari.

“Tentunya pada situasi yang memungkinkan dengan tetap berpegang pada keamanan yang utama,” ujar Seto.

Operasi TMC Terkini

Perlu diketahui, sejak 3/1, operasi hujan buatan ini dilakukan melalui Posko TMC di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Faisal selaku Koordinator Lapangan BBTMC untuk Operasi  Pemanfaatan Teknologi Modifikasi Cuaca untuk Mengurangi Dampak Bencana Banjir di Wilayah Jabodetabek  2020, menjelaskan, pada  Senin (20/01/2019) dua jenis pesawat yang dipinjamkan TNI AU yakni Cassa-212 A-2105 dan CN-295 A-2901 telah melakukan tiga sorti penerbangan, melakukan operasi penyemaian garam. “Cassa sudah dua kali terbang, dan CN satu kali,” ujar Faisal.

Kedua jenis pesawat ini akan menuju ke arah Barat Laut- Timur Laut  dan Barat Daya – Barat Laut  Jabodetabek untuk melakukan penyemaian garam terhadap potensi awan hujan yang ada, agar jatuh di wilayah tersebut sebelum mencapai Jakarta dan sekitarnya.

“Cassa, terbang dua sorti ke area Barat Laut-Timur Laut. Lalu CN, satu sorti menuju area Barat Daya-Barat Laut,” katanya.[] sp/foto: ristekdikti