Biasakan Minum Madu dan Rasakan Khasiatnya  

Tingkat konsumsi madu masyarakat Indonesia diperkirakan hanya sekitar 40-60 gram per kapita per tahun. Padahal di Selandia Baru sudah mencapai dua kilogram per tahun per kapita. Ayo tingkatkan konsumsi madu anda…!

Foto: id.quora.com

Madu dipercaya sebagai obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Dalam Al-Qur’an, Surat An-Nahl ayat 69,  juga dijelaskan khasiat madu sebagai obat bagi manusia. “Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berpikir.”,.

Itu sebabnya, madu murni telah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dulu karena mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan. Beragam khasiat madu sudah bukan rahasia umum.

Madu memiliki kandungan Vitamin A,  Beta Caroten, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Phospor, Zat besi, Kalsium, Klorida Kalium, Yodium, Natrium, Tembaga dan Mangan. Selain kandungan tersebut, madu juga mengandung enzim-enzim penting untuk memperlancar reaksi kimia dari berbagai metabolisme di dalam tubuh. Protein, asam organik, hormon dan senyawa antimikroba berkhasiat sebagai antibiotik.

Madu dipercaya mempunyai khasiat untuk menambah kekebalan tubuh manusia. Madu merupakan campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Dalam berbagai sumber, madu mengandung  karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Madu juga mengandung anti oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.

School of Medicine, di Cardiff University, Inggris, telah melakukan penelitian manfaat  madu. Melalui penelitian tersebut diketahui jika madu mampu merangsang tubuh  memproduksi sel-sel imunitas. Dengan terangsangnya produksi sel imun, metabolisme tubuh juga akan menjadi lebih kuat. Tak hanya itu, secara tidak langsung stamina pun semakin bertambah karena tubuh menjadi lebih fit.

Berdasarkan penelitian itu,  diketahui bahwa madu memiliki andil dalam melawan bakteri dalam tubuh. Bakteri yang membuat tubuh gampang terserang penyakit bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsinya. Dengan begitu, tidak hanya menguatkan sistem imun tubuh, madu juga dapat menjadi penangkal dari berbagai macam penyakit akibat infeksi virus atau bakteri.

Madu juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan,  sejak jaman Mesir Kuno, madu dikonsumsi karena kandungan khasiat yang terdapat di dalamnya . Bahkan Ratu Cleopatra telah menggunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikannya.

Hal ini sudah dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan dan obat-obatan yang memakai madu sebagai bahan dasarnya. Bahkan madu juga dijadikan sebagai bahan campuran di beberapa makanan dan minuman.

Madu kaya akan antioksidan yang ternyata memiliki banyak manfaat untuk wajah dan kecantikan. Pelembab alami wajah yang kering, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo menyamarkan noda bekas jerawat, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, madu juga dapat meningkatkan vitalitas bagi pria. Di mana manaat madu dipercaya bisa meningkatkan produksi sel sperma dengan cepat bila dikonsumsi secara teratur. Sebab, madu asli mengandung vitamin, zinc dan vitamin  E yang berkhasiat menjaga kesehatan dan meningkatkan keperkasaan bagi vitalitas pria.

Di samping itu, antioksidan pada madu akan mengurangi dan mencegah terkena kanker di kemudian hari bila dikonsumsi secara teratur. Antioksidan pada madu juga dapat dimanfaatkan sebagai cara untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

Ummat disarankan mengonsumsi madu dan kurma berdasarkan pada hadis yang disabdakan Nabi Muhammad SAW. Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu, bahwa ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan berkata: “Saudara saya sakit perut”. Rasul menjawab, “Beri ia madu!”. Hal ini dilakukan orang itu sampai tiga kali bolak balik menanyakan kepada Rasul SAW, jawabannya pun tetap madu dan madu” (HR Bukhari, no: 5684 dan Muslim, no: 5731).

Foto: Bambu Spa

Sementara Presiden Direktur PT Louise and Chelsea Indonesia (LNC Group)  pemegang Merek Bambu Spa, Trisya Suherman mengatakan, khasiat madu sangat luar biasa, alami dari alam hadiah dari Tuhan untuk manusia.

Dalam hal ini Bambu Spa juga memiliki  produk madu dengan merek  “Bambu” yang diproduksi untuk meningkatkan imunitas dan vitalitas, juga bisa dikonsumsi dengan dicampur minuman lain. Di samping itu, khasiatnya adalah antibakterial tinggi untuk sistem kekebalan subuh, antioksidan tinggi untuk kesehatan kulit sehingga awet muda, menambah vitalitas, memperkuat fungsi otak dan jantung, mencegah kanker, menyembuhkan paska operasi dan melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

“Saya selalu mengkonsumsi madu dan kami ingin mengajak masyarakat untuk ikut merasakan manfaat madu ini. Kami juga mengeluarkan rangkaian Perawatan SPA dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan kandungan madu yang di Ingredients-nya, menjadi satu rangkaian perawatan  Honey Series,” kata ibu tiga anak ini.

Sayangnya, konsumsi madu masyarakat Indonesia diperkirakan baru sekitar 40-60 gram per kapita per tahun. Angka ini masih jauh ketimbang beberapa negara maju yang tingkat konsumsinya mencapai satu kilogram per kapita per tahun. Bahkan, konsumsi madu di Selandia Baru sudah mencapai dua kilogram per tahun per kapita.

Ayo biasakan minum madu dan rasakan khasiat yang terkandung didalamnya…![] Yuniman Taqwa