Genshin Impact Ubah Pasar Games Dunia

Rilis 28 September 2020, Genshin Impact mampu mengubah pasar  games dunia. Dalam waktu 4 hari, games besutan MiHoYo ini  meraih total download 17 juta orang dengan  pendapatan  sebesar  US$100 juta atau  Rp1,4 triliun  dalam waktu  dua minggu dan kini menduduki peringkat ke- 2 sebagai games terlaris.

Genshin Impact meraih pendapatan  US$100 juta atau  Rp1,4 triliun  dalam kurun waktu kurang dari dua minggu/Foto: MiHoYo

Belakangan ini nama Genshin Impact seringkali diperbincangkan oleh banyak orang. Genshin Impact adalah game RPG Open world besutan MiHoYo, perusahaan pengembang video game asal Shanghai, China. Sebelumnya, MiHoYo sempat meraih kesuksesan setelah merilis  Honkai Impact. Berbeda dengan Honkai Impact, Genshin Impact merupakan game multi-platform yang bisa dimainkan di platform Mobile,PC,PS4, Dan Nitendo Switch. Ini memberikan keuntungan bagi pemain yang tidak memiliki konsol  dikarenakan mereka bisa menggunakan ponsel genggam untuk bermain.

Meski begitu, spesifikasi yang direkomendasikan untuk bermain Genshin Impact terbilang sangat tinggi. Untuk PC, spesifikasi yang paling rendah adalah RAM 8GB serta pengolah grafis (GPU) Nvidia GeForce GT 1030 keatas. Sedangkan untuk Android/IOS, spesifikasi yang disarankan adalah RAM 4GB atau lebih, memori internal 8GB, serta sistem operasi android 8.1 ke atas.

Apa yang membuat Genshin Impact ramai diperbincangkan berbagai kalangan? Genshin Impact adalah salah satu game yang menyajikan grafis yang sangat memukau mata. Bahkan bisa dibilang game dengan grafis terbaik di platform mobile.

Mengambil tema anime, Genshin Impact juga turut menarik perhatian kalangan penggemar anime. Selain grafisnya yang sangat indah, story yang dihadirkan juga tidak kalah bagusnya. Disini pemain diharuskan untuk memilih karakter mereka masing-masing. Terdapat dua opsi yaitu karakter laki-laki dan karakter perempuan. Pilihan apapun yang ditentukan pemain tidak akan merubah alur game.

Jalan cerita dimulai ketika sang karakter utama bersama saudaranya berhadapan dengan perempuan tak dikenal dan nantinya perempuan tersebut akan menculik saudara kita dan melemparkan kita jatuh ke bumi. Ketika siuman, kita akan bertemu dengan mascot dari Genshin Impact yaitu Paimon.

Paimon, maskot Genshin Impact ketika pertama kali ditemukan/Foto: MiHoYo

Paimon nantinya akan menemani pemain dalam petualangan mencari saudaranya yang diculik. Selain Paimon, akan ada banyak karakter-karakter yang siap menemani  petualangan pemain. Sebut saja anggota dari Knight of Favonius seperti Amber,Lisa,Kaeya,dan Jean serta karakter yang menentang Knight of Favonius itu sendiri yaitu Diluc. Pemain nantinya akan menjalankan quest-quest  (misi-red) yang diberikan sambil mengeksplor  lebih dalam dunia Genshin Impact.

Untuk saat ini, terdapat dua negara yang bisa dikunjungi pemain  dalam Genshin Impact yaitu Mondstat dan Liyue. Nantinya akan ada banyak lagi negara-negara yang bisa dieksplor  oleh pemain melalui update yang diberikan MiHoYo.

Dalam Genshin Impact, pemain bisa  mendapatkan karakter-karakter hebat mulai dari bintang 4 hingga bintang 5 melalui sistem Gacha. Sistem  Gacha pertama kali diperkenalkan oleh mesin keberuntungan produksi Bandai yang pertama kali diluncurkan tahun 1977. Mesin tersebut berisikan kapsul dengan hadiah yang bisa didapatkan secara acak sesuai keberuntungan. Setidaknya, satu kali main kita harus membayar  100 yen atau sekitar  Rp14.000 untuk memainkan mesin ini.

Kini sistem gacha telah tersebar luas bahkan sampai ke game Free-to-play  seperti Genshin Impact Sistem Gacha  kerap kali membuat pemain muak. Pasalnya pemain sering mendapat item atau character yang tidak sesuai harapan hingga pemain harus mengeluarkan uang mereka untuk melakukan Top-Up dan terus menerus melakukan gacha.

Sumber: ist

Dalam kasus Genshin Impact, ada seorang streamer yang rela habiskan Rp 30 juta  hanya untuk mendapatkan karakter bintang 5 yaitu Diluc. Karakter bintang 5 sendiri  persentasi  mendapatkannya dalam Gacha hanyalah 0.6% saja. Namun ada saja pemain yang beruntung mendapatkan karakter bintang 5 tanpa top-up sekalipun. Pemain seperti ini biasanya disebut sebagai “Player Gratisan”. Dengan mengandalkan sistem gacha seperti ini,  MiHoYo jelas meraih keuntungan yang sangat besar.

Seiring populernya Genshin Impact, Content Creator asal tanah air pun tak ingin ketinggalan untuk memainkannya serta membuat konten mengenai Genshin Impact. Sebut saja Luthfi Halimawan, Lein Xceed, Erpan1140, hingga Reza ‘Arap’ Oktovian juga turut memainkan Genshin Impact.

Meskipun Genshin Impact sudah sangat populer dan sangat digemari, masih saja ada konsumen yang tidak puas. Ketidakpuasan mereka dicurahkan dalam kolom review. Beberapa dari mereka masih ada yang bersikap dewasa dan memberi masukan terkait perbaikan bug (error-red).  Namun, ada juga yang memberikan masukan  tidak masuk akal. Seringkali terdapat protes yang berkaitan lag yang sangat parah sampai grafiknya yang buruk.

Dalam waktu 4 hari, Genshin Impact meraih total download 17 juta orang untuk platform mobile. Berkat kesuksesan tersebut, Genshin Impact kabarnya meraih pendapatan  sebesar  US$100 juta atau  Rp1,4 triliun  dalam kurun waktu kurang dari dua minggu.  Sumber pendapatan tersebut diraih melalui sistem Gacha yang sudah disebutkan di atas. Tentunya ini merupakan kesuksesan besar yang diraih MiHoYo. Game ini baru saja dirilis tanggal 28 September lalu.  Dan, tak menutup kemungkinan MiHoYo akan mendapatkan pendapatan yang berlipat ganda. Terlebih lagi Genshin Impact saat ini belumlah sepenuhnya terbentuk. Masih ada banyak lagi update yang akan terus hadir. Selain cerita yang up to date,  tentunya character serta senjata juga akan terus mendapatkan update. Hal ini akan terus membuat player melakukan Gacha terus menerus.

Berkat pendapatan yang diraih MiHoYo ini, Genshin Impact kini berada di posisi kedua sebagai game terlaris dibawah “Honor of Kings” dan mampu menyaingi kepopuleran PUBG Mobile.[]Abrar Rizq Ramadhan/Ilustrasi: gamessantai.com