Jakarta Aquarium, The Largest Aquarium Indoor in Indonesia

Bingung di tengah pandemic mau liburan  kemana?  Coba deh cari  suasana rekreasi indoor yang baru.  Sudah coba ke Jakarta Aquarium?  

Menyusuri Jembatan Eco Skywalk yang membentang diantara Gedung Mall Central Park dan Gedung Mall Neo Soho  terasa seperti  menyusuri  Helix Bridge  yang menghubungkan Marina Centre dengan Marina Bay di  Singapura. Banyak objek menarik bagi siapa saja yang gemar berswafoto disitu. Demikian halnya dengan jembatan Eco Skywalk yang membentang dengan desainnya yang terinspirasi dari lengkungan struktur DNA. Tak hanya seru untuk berswafoto, di lokasi ini juga ada objek wisata  indoor menarik, unik dan menjadi magnet bagi setiap pengunjung yang datang ke tempat ini. Apalagi kalau bukan tentang Jakarta Aquarium.

Di lokasi strategis  Jakarta Aquarium, The Largest Indoor Aquarium  in Indonesia   hadir di Mall Neo Soho  bertepatan dengan grand launching mall  ini tahun 2017 lalu  yang  berdampingan dengan Pusat Belanja dan Apartemen Central  Park  Kawasan Podomoro City, Jakarta Barat. Belum lama tempat rekreasi indoor ini re-opening setelah masa PSBB -pembatasan sosial berskala besar- dan semakin mentaati protokol kesehatan.

Banyak spot menarik yang sangat instagramable membuat pengunjung betah berlama-lama /Foto: pelakubisnis.com

Jakarta Aquarium merupakan kawasan konservasi yang dikelola Taman Safari Indonesia bekerjasama dengan Aquaria KLCC (Kuala Lumpur Convention Center) Malaysia.  Mengambil tempat di lantai LG – LGM,  akuarium yang luasnya mencapai 1 hektar ini menghadirkan  lebih dari 600 biota laut dan sekitar 3500 spesies hewan akuatik juga satwa lainnya.  Beberapa hewan langka  seperti gurita raksasa, kutu laut raksasa, naga laut berdaun, dan masih banyak  lagi.

Bahkan di penghujung 2019 lalu,  mengutip dari kompas.id,  Jakarta Aquarium menutup tahun dengan catatan manis, yakni meraih dua penghargaan bergengsi dari lembaga berkompeten. Penghargaan pertama yakni Anugerah Adikarya Wisata 2019 kategori Sarana Rekreasi Keluarga dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penghargaan kedua adalah Indonesia Travel & Tourism Awards 2019/2020 dari ITTA Foundation sebagai Indonesia Leading Conservation Destination.

Terdapat 12 zona atraksi di tempat rekreasi edukasi indoor ini.  Salah satu area favorit pengunjung adalah Otter Tunnel. Bukan hanya sekedar untuk menyaksikan berang-berang yang lucu di Zona Eksibit, spotnya yang sangat instagramable membuat pengunjung betah berlama-lama di zona ini karena bagus untuk berfoto ria.

Tak kalah seru ada  pertunjukan Pearl of The South Sea, pertunjukan teater yang berkisah tentang sebuah kerajaan di Selatan Pulau Jawa. Pearl of The South Sea menyuguhkan cerita tentang seorang putri yang dikutuk ibunya menjadi ratu laut. Dramatik cerita disuguhkan dengan  begitu apiknya dimana sosok raja yang terbunuh seolah-olah berinteraksi langsung dengan putri duyung  yang tak lain adalah putri sang raja. Dari dalam akuarium sang putri duyung digambarkan mencabut pedang yang terhunus di tubuh ayahnya karena ditikam sang ibu dan setelah itu sang raja pun hidup kembali.

Pertunjukan Pearl of The South Sea di Jakarta Aquarium/Foto: pelakubisnis.com

Menariknya, pertunjukan teater ini  diberi efek asap, musik, dan lighting, yang menampakkan trik ilusi. Terutama dengan background akuarium besar, sehingga akan tampak seperti berada di dalam laut sungguhan.

Dan di akhir pertunjukan, pengunjung pun dapat mengabadikan momen bersama beberapa putri duyung yang menari di balik akuarium raksasa. Kehadiran putri duyung dalam kolam akuarium  raksasa itu menjadi unique selling point  karena  tak hanya melihat pertunjukan putri duyung  berenang bersama ikan-ikan hiu, tapi kita juga bisa melihat pertunjukan seni peran yang menggabungkan seni teater dengan pertunjukan atraksi putri duyung di dalam akuarium raksasa.

Keistimewaan lainnya dari tempat wisata ini adalah aktivitas Feeding Time.  Dimana pengunjung akan merasakan sensasi memberi makan secara langsung satwa- satwa darat di dalam akuarium seperti memberi makan pinguin, ikan piranha, berang – berang, belut moray, ikan pemanah sampai ikan hiu. Pengunjung dapat berinteraksi dan memberi makan satwa – satwa tersebut pada waktu yang sudah dijadwalkan.

Kemudian ada wahana kolam sentuh di mana pengunjung tidak hanya dapat melihat binatang laut saja, tapi juga bisa menyentuhnya. Di  wahana kolam ini kita dapat menyentuh siput, teripang, tiram dan lainnya dan bermain dengan binatang-binatang tersebut.

Pengunjung juga  dapat merasakan sensasi menegangkan  berjalan di atas akuarium. Kita dapat melihat ikan-ikan besar seperti hiu, ikan pari dan ikan pemangsa lainnya berseliweran dari bawah lantai kaca itu.

Ada Restoran Pingoo yang dilengkapi dengan akuarium pinguin yang besar dimana pengunjung berkesempatan memberi makan penguin/Foto: Instagram

Ada Restoran Pingoo yang merupakan restoran dengan tema pantai bernuansa putih biru. Terdapat area bermain anak di bagian samping dan  yang menariknya ada akuarium pinguin yang besar. Kita dapat melihat tingkah lucu penguin sambil menyantap makanan yang disajikan.  Restoran ini juga menawarkan pengalaman memberi makan pinguin.

Adapun fasilitas tambahan lainnya yang ada di Jakarta Aquarium cukup lengkap mulai dari loker, kamar mandi, akses kursi roda dan kereta bayi, kamar mandi bayi, WiFi, cafetaria, toko souvenir, dan restoran.

Terdapat dua tipe tiket untuk masuk ke Jakarta Aquarium. Yaitu tiket regular dan premium. Untuk tiket regular, pengunjung akan mendapatkan fasilitas berupa explore Jakarta Aquarium, watch feeding time (all animals) dan watch mermaid show on schedule. Sementara, untuk tiket premium,  kita akan mendapatkan semua fasilitas yang ada di tiket regular ditambah private premium queuing, welcome drink, multiple entry within 4 hour at max, dan access to 5D theater.

Lokasi Jakarta Aquarium  sangat mudah dijangkau bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya karena berada di pusat kota.  Namun tak sulit juga bagi pendatang dari luar Jakarta. Karena lokasi  Central Park Podomoro City ini  berada dekat pintu Tol Tomang, Jakarta Barat yang  membuat akses menuju tempat ini mudah dijangkau.  Tak hanya  dengan mobil pribadi, tapi mudah juga  dijangkau dengan kendaraan umum seperti bus Trans Jakarta. Dan disediakan pula fasilitas jembatan penyeberangan yang langsung terhubung dengan Gedung Central Park dan  Gedung APL Tower menuju Mall New Soho. So, tunggu apa lagi, jadualkan waktu liburanmu  menikmati petualangan rekreasi edukasi ke Jakarta Aquarium. []Siti Ruslina/ilustrasi: pelakubisnis.com