Menikmati Tontonan Film di Era Pandemi

Pandemic Covid-19  menyebabkan hasrat nonton film di bioskop terpaksa “dipendam” karena banyak bioskop yang tidak beroperasi. Namun demikian, hobby menonton film tak mesti “terkubur”, karena banyak pilihan platform streaming yang bisa memuaskan dahaga menonton konten hiburan!

Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) boleh jadi membatasi ruang gerak kita. Pusat-pusat hiburan terpaksa ditutup untuk menghindari kerumunan, sebagai salah satu pemicu potensi tertularanya  Covid-19. Hampir satu tahun gedung bioskop  di seantero Indonesia “tidur panjang” tak beroperasi.

Tak pelak lagi, di masa pandemi ini hasrat menonton film layar lebar diredam, karena semua bioskop tak beroperasi. Itu sebabnya banyak orang yang berminat harus puas menonton film di layar kaca   atau smart phone dengan memanfaatkan jasa kehadiran layanan streaming yang menawarkan sejumlah konten, termasuk film.

Meskipun awal tahun 2021 beberapa  bioskop sudah beroperasi kembali,  namun masih banyak  orang yang tidak berani menginjakkan kaki ke bioskop karena ketakutan terpapar virus Covid-19. Lalu apa yang harus dilakukan masyarakat khusunya penikmat film untuk bisa menikmati film dengan kelas layar lebar dengan aman dan mudah?

Kini sudah ada banyak platform yang menyajikan film sebagai layanannya salah satunya adalah Netflix. Netflix adalah sebuah layanan streaming asal California yang menyajikan film, TV Series, sampai Anime dalam satu platform. Dengan begini, masyarakat tidak perlu repot-repot pergi ke bioskop menghadapi virus untuk menonton film, karena kini mereka bisa menonton film hanya dengan telepon genggam dan laptop sendiri.

Nonton film cukup lewat gawai anda/foto: ist

Banyak pilihan platform yang dapat anda pilih untuk menikmati streaming, diantaranya Netflix, Iflix, Amazone Prime Viu dan Genfli. Selain itu, ada beberapa penyedia layanan  streaming  film seperti  Go Play, Apple TV, HBO Go dan Vidio,

Netflix didirikan pada 29 Agustus 1997 di kota California, Amerika Serikat. Awalnya Netflix  sebuah perusahaan yang menyediakan layanan sewa DVD. Netflix kini memperkenalkan fitur live Streaming, meski begitu jasa sewa DVD dan Blu-ray masih tersedia.

Layanan streaming global  Netflix hadir di Indonesia sejak  Januari 2016. Koleksi dan serial TV mencapai 5000-an konten pada tahun 2018, Netflix menawarkan lebih banyak pilihan konten dibandingan layanan serupa lainnya.

Netflix terus menyebarkan layanannya ke seluruh dunia. Pada 2016, layanan Netflix telah beroperasi lebih dari 190 negara termasuk Indonesia. Dua  tahun kemudian, Netflix  memiliki 130 juta lebih pelanggan internasional. Tercatat pada  2020 Netflix meraup pendapatan sebesar Rp90,2 Triliun dengan 203,6 juta lebih pelanggan.

Film-film yang disediakan Netflix tidak hanya film-film lama,  tapi  film keluaran terbaru juga tersedia. Bahkan, ada film yang  dirilis khusus untuk Netflix seperti film “BUCIN” (2020) karya Chandra Liow dan film “Extraction(2020) yang dibintangi oleh Chris Hemsworth, pemeran Thor dalam universe “MCU”.

Selain film, Netflix juga menyajikan TV Show musiman. Banyak TV Show yang telah tamat lalu dimasukkan kedalam Netflix seperti Series “Merlin” (2012) yang mengisahkan kisah Penasihat dari Raja Arthur di Camelot.

Selain itu, ada banyak  TV show hasil karya Netflix  atau bekerja sama dengan Netflix seperti “Stranger Things” (2016) yang kini masih berlanjut ke-Season 4.  Tayangan ini paling fenomenal pada tahun lalu yaitu “La Casa De Papel” atau  biasa dikenal dengan “Money Heist” (2017).

TV money heist digandrungi masyarakat dunia tahun 2019/foto: ist

Tak hanya film dan TV series, Anime dan Drama Korea (Drakor) juga turut hadir di platform satu ini. Pilihan Anime dan Drakor di Netflix cukup banyak, meski kurang lengkap. Untuk mencari judul Anime dan Drakor yang lebih luas, pengguna diharuskan mengubah VPN ke Jepang untuk Anime dan Korea untuk Drakor. Dengan begitu judul Anime dan Drakor yang tersedia akan bertambah. Sebagai Contoh “Fate/Stay Night” (2006) tidak tersedia di server Indonesia dan Amerika namun tersedia di Server Jepang.

Berlangganan Netflix mulai dari Rp54.000 untuk paket mobile,  Rp.120.000 untuk paket Basic, Rp153.000 untuk paket Standart, dan Rp.186.000 untuk paket Premium. Bagi pengguna Premium bisa mendapatkan hak khusus yaitu berupa kualitas video yang tembus Ultra HD. [] Abrar Rizq Ramadhan