Konsumen Lebih Memilih Layanan Telemedicine Rumah Sakit

Jakarta, 3 November 2020, pelakubisnis.com– Dengan  adanya pandemic yang terjadi sekarang ini  tak sedikit orang takut berobat ke rumah sakit. Akibatnya tak sedikit rumahsakit yang  berdarah-darah  karena ke rumah sakit dianggap tempat penularan COVID-19 yang sangat massif.

Dengan adanya pandemic,  menurut Yuswohady, Managing Partner Inventure,  harusnya rumah sakit memaksimalkan layanan telemedicine karena konsumen semakin tidak mau datang ke rumah sakit dan  lebih memilih konsultasi dengan dokter secara digital.

Pertanyaan selanjutnya, kalau dibandingkan layanan telemedicine yang disediakan rumah sakit dengan telemedicine yang disediakan oleh startup teknologi,  konsumen akan memilih layanan yang mana?  Ada temuan menarik,  rupanya konsumen lebih mempercayai layanan telemedecine yang disediakan oleh rumah sakit/klinik dibandingkan layanan dari startup teknologi. Sekitar 71 % responden mengatakan lebih percaya layanan telemedicine yang disediakan oleh rumah sakit/klinik.

Sekali lagi, layanan digital memang  menjadi primadona selama pandemi COVID-19 termasuk layanan telemedicine. Layanan telemedicine menjadi alternatif utama untuk bisa mengakses layanan kesehatan sementara konsumen masih khawatir dan enggan pergi ke rumah sakit.

Seperti ditunjukkan hasil riset Inventure, hal ini diperkuat dengan tingginya permintaan konsumen terhadap layanan telemedicine dari rumah sakit, dimana hampir semua responden yaitu 95,3% dari 441 responden mengatakan bahwa rumahsakit harus menyediakan layanan telemedicine.

“Temuan ini menjadi insights luar biasa bagi rumah sakit/klinik di Indonesia untuk gerak cepat menyediakan layanan telemedecine, sebelum kuenya terlanjur diambil oleh para pemain startup teknologi,” kata Yuswohady, Managing Partner Inventure.

Hasil selengkapnya dari survei akan ditulis dalam bentuk sebuah ebook berjudul “Indonesia Industry Outlook 2021: Consumer Megashifts Post COVID-19” yang akan diluncurkan dalam acara Indonesia Industry Outlook 2021 Conference, 4-6 November 2020.[]sr