Inovasi Bank Syariah di Tengah Ranah Digital

Jakarta, 29 Juli 2021, pelakubisnis.com – Berkembangnya pasar muslim di Indonesia, mendorong ekonomi Syariah khususnya industri  keuangan Syariah turut berkembang pesat. Berbagai layanan terkait keuangan Syariah mulai menjadi pilihan bagi konsumen muslim. 

Sementara itu pandemi COVID-19 , membuat percepatan transformasi digital tak terkecuali di perbankan Syariah. Kini perbankan Syariah sudah semakin up-to-date mulai dari proses bisnis, pelayan hingga aktivitas promosi sudah banyak dilakukan secara digital. 

Studi yang dilakukan Inventure-Alvara menunjukkan, 58,7% responden menjawab dengan adanya pandemi mereka justru lebih memilih lembaga keuangan dengan prinsip Syariah dibanding konvensional. 

Menurut Abdullah Firman Wibowo, Wakil Direktur Utama Bank Syariah Indonesia dalam acara Indonesia Industry Outlook 2nd Semester 2021, pada 28/7 , adanya peningkatan layanan berbasis digital yang didorong oleh pandemi membuat perbankan berubah termasuk perbankan berbasis syariah. “Syariah commercial finnance & social finance sekarang berbasis digital, katanya serius” 

Bank Syariah Indonesia sendiri sudah melakukan berbagai inisiatif terkait digitalisasi salah satunya dengan menarget pasar milenial dengan mengembangkan BSI Mobile yang telah dilengkapi berbagai fitur praktis dan sesuai kebutuhan nasabah.[]sr