Bekraf Dukung Ekosistem Desain Interior

Jakarta, 29 Juli 2019, pelakubisnis.com – Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, menyampaikan desain interior sangat penting dan terus berkembang. Desain interior sangat dekat dengan masyarakat karena desain interior tidak hanya untuk rumah tapi juga kantor, café, rumah makan, dan lainnya.

Paltform di subsektor desain interior, seperti Dekoruma telah berkontribusi dalam menciptakan kemudahan berkoneksi bagi pelaku kreatif di bidang industri home & living dengan konsumen. Kami berharap Decorumah tidak hanya menangani projecttapi juga mampu menjadi pusat design thinking yang menciptakan desain baru yang bermanfaatkan dan sesuai untuk masyarakat,” ungkap Triawan dalam sambutan pada acara Desain Interior Gathering (IDG) 2019 yang diselenggarakan di Jakarta, pada 27/7.

Selama dua dekade terakhir ini, perkembangan subsektor desain interior menunjukkan kemajuan yang sangat pesat dan dinamis, serta menembus semua jenis usia, gender, dan batasan negara di seluruh dunia. Sumbangan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang dihasilkan oleh subsektor desain interior 2016 adalah sekitar Rp 1,483 triliun, meningkat dari sebelumnya sejumlah Rp 1,354 triliun pada tahun 2015. Lebih dari 23.976 orang yang bekerja dalam subsektor ini di tahun 2016 dan terus meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut dapat menjadi momentum positif bagi subsektor desain interior yang sebaiknya dimanfaatkan dengan baik.

Mengusung tema The New Era of Interior Design diharapkan dapat menambah wawasan peserta sebagai bekal yang perlu disiapkan untuk menghadapi era baru desain interior. Sejumlah narasumber juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya Founder of Tata Wastu Asia, Ariya Sradha; Founder of Domisilium Studio, Santi Alaysius dan Hamphrey Tedja; Founder of M Design Consultant, Mita Lukardi; serta CEO dan Co-founder Dekoruma.com, Dimas Harry Priawan.

Decorumah juga didukung oleh Indonesia Trend Forecasting (ITF) dan dilaksanakan talkshow saat acara berlangsung. Diharapkan acara tersebut dapat memberi inspirasi kepada desainer interior muda Indonesia, baik tentang perubahan yang harus diperhatikan, maupun peluang yang tersedia di era baru desain interior ini. Selain itu, para pelaku dapat saling mengenal dan berkolaborasi untuk bersama-sama memajukan industri home & living di Indonesia.[] ASISKA RIVIYASTUTI/ sp/foto:Bekraf