DARI REDAKSI

Mengapa Pelakubisnis.com Hadir?

Perlahan tapi pasti era media cetak akan berakhir. Informasi kini ada di genggaman tangan Anda. Dan itu dimungkinkan karena revolusi teknologi informasi. Kehadiran teknologi cyber (internet) merubah budaya dalam mengakses informasi. Itu sebabnya hampir seluruh media cetak – mempersiapkan diri – menghadapi era digital. Mereka yang mengabaikan hal itu, bersiap-siap menghadapi “lonceng kematian”.

Kini era itu sudah terjadi. Berapa banyak media cetak – mengucapkan: “Selamat tinggal” kepada pembacanya. Dan tak sedikit penerbit beralih ke media online. Tak pelak, rana informasi publik pun terasa begitu sesak menghadapi euforia kehadiran media online itu.

Kini masyarakat dihadapi masalah baru. Banjirnya arus informasi menyebabkan masyarakat sulit memilahnya. Arus informasi bagaikan air bah – yang membawa sampah – sampai ke hilir (masyarakat). Begitu banyak website, media sosial dan apa pun namanya menjejalkan informasi ke masyarakat. Mampukah masyarakat memanfaatkan informasi tersebut menjadi nilai tambahnya dalam mengambil keputusan dalam kehidupannya?

Bukan tidak mungkin masyarakat menjadi gamang. Mudah terombang-ambing dalam derasnya arus informasi. Boleh jadi banjirnya informasi tersebut dapat merubah budaya dengan sangat cepat. Hedonisme, misalnya, atau pragmatisme serta “batas-batas yang sangat sempit” dalam menafsirkan sebuah informasi.

Itulah fakta bahwa, belum siapnya masyarakat kita menghadapi era informasi. Asumsi ini berangkat dari rendahnya minat baca masyarakat kita. Negeri ini belum terbentuk budaya membaca, tapi tiba-tiba suatu “gelombang budaya besar” – banjir informasi – menghantam masyarakat. Masyarakat kurang siap menghadapi banjir informasi. Informasi sampah pun ditelan mentah-mentah.

Itulah kondisi nyata budaya informasi yang melanda kita. Media-media online seakan berpacu saling cepat memberitakan suatu peristiwa. Mereka menganggap siapa yang cepat, dialah yang terunggul. Akibatnya berita yang disampaikan hanya sebatas informasi, hanya sebatas gradasitas pemberitahuan. Berita tersebut tak mampu menjawab mengapa bagaimana bagi masyarakat pembaca setelah mendapat pemberitahuan.

Padahal, mengutip pendapat dari Jakob Oetama, pendiri Harian KOMPAS, orang membaca berita di suratkabar bukan hanya ingin mengetahui kejadian, tetapi perkembangan kejadian. Dengan mengetahui perkembangan, seseorang tidak hanya mempunyai pengetahuan tentang situasi, di mana ia juga perlu menyesuaikan dengan situasi atau malahan mencoba menguasai situasi itu untuk kepentingannya (lihat Buku Jakob Oetama, Perspektif Pers).

Website-website berita yang ada di Indonesia umumnya menggambarkan dangkalnya menyampaikan informasi karena menguber kecepatan. Akibat model pemberitaan demikian, mana mungkin berita tersebut – bagi masyarakat pembaca dapat menyesuaikan dengan situasi, bahkan menguasai situasi. Dengan demikian berita tersebut tak mampu menciptakan nilai tambah bagi masyarakat pembaca untuk mengantisipasi akibat dari suatu peristiwa.
Website-website berita yang ada seharusnya tak cukup menyampaikan peritiwa (berita) apa. Seharusnya lembaga pers (media online) mengambil bagian menjadi agent of development dengan menyampaikan lebih mendalam dan komprehensif, sehingga mampu menjawab perubahan-perubahan yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Pelakubisnis.com dibangun atas pemikiran bahwa kehadiran media online tak puas hanya menyampaikan berita. Tapi selayaknya lebih dari itu. Dia seharusnya menggali potensi berita, menjadi sajian yang mendalam, sehingga dapat dijadikan plat berpijak dalam mengambil keputusan masyarakat dalam menghadapi cepatnya perubahan zaman.

Pelakubisnis.com merupakan majalah bisnis online bulanan dengan tetap menginformasikan update bisnis yang tersaji setiap harinya. Membaca isi redaksional pelakubisnis.com tak ubahnya membaca majalah bisnis yang diharapkan dapat menginspirasi pelaku bisnis dalam menangkap peluang bisnis dan mengantisipasi kebijakan-kebijakan bisnis dalam menghadapi turbulensi bisnis yang bergerak cepat.

Informasi bisnis menjadi instrumen untuk membaca tanda-tanda zaman yang mungkin dapat mempengaruhi peta bisnis Anda. Adalah suatu keniscayaan bahwa penguasaaan informasi dapat menentukan arah bergeraknya bisnis Anda!

Dan apa pun kekuatan kebijaksanaan redaksional PelakuBisnis.com tak akan mempunyai arti tanpa dukungan aktif dari para stakeholders bisnis. Dukungan Anda dapat menjadi “vitamin” bagi PelakuBisnis.com dalam menyajikan redaksional yang atraktif dan diharapkan dapat menjadi lentera dalam pencerahan bisnis Anda. Terima kasih.

 

Visi

Maju bersama pelaku bisnis Indonesia dengan menyuguhkan informasi bisnis yang tersaji secara jujur, serius, tuntas dan mendalam.

 

Misi

Membangun jaringan dengan para pelaku bisnis di tanar air khususnya dan masyarakat bisnis dunia
Bekerja serius dalam menuntaskan setiap tulisan yang dapat dipertanggungjawabkan secara moral
Bekerja professional dengan tim yang solid dan berpengalaman

 

Susunan Redaksi:

Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi: Yuniman Taqwa

Dewan Redaksi:

  • Siti Ruslina
  • Edwardsyah Nurdin

Kontributor:

  • Henry Gerson Arnold
  • Yudhistira Nurpatria

Design Graphis:

  • Nalurita Tri Chusna