Banjir Diskon, Gimmick dan Gaming di Indocomtech 2019

Jakarta, 30 Oktober 2019, pelakubisnis.com– Indocomtech 2019, ajang pameran teknologi informasi dan komunikasi terbesar di Indonesia kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), pada 30 Oktober – 3 November 2019. Di hari pertama pengunjung memadati beberapa booth yang menawarkan sejumlah gimmick dan diskon menarik.

Mengusung tema ‘Never Stop Exploring’, pameran ini menghadirkan tren teknologi masa depan dari sejumlah vendor dalam dan luar negeri yang meliputi 10 kategori yaitu accessories, audio camera, gaming, laptop & PC, TV, telco, smartphone, smarthhome, dan wearable device. Selain itu, produk-produk teknologi berkonsep Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), financial technology, smart health, drone, blockchain, virtual reality juga akan menjadi pusat perhatian.

Indocomtech 2019 menyuguhkan beragam trend teknologi terkini. Tercatat ada sekitar 250 perusahaan teknologi baik  lokal dan internasional seperti Hewlett Packard Indonesia (HP Indonesian), Asus Indonesia, Acer, MSI, Intel, Dell, Erafone, IBox, Indodax turut berpartisipasi memamerkan berbagai produk teranyar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tanah air. Ketua Yayasan Apkomindo Indonesia (YAI), Hidayat Tjokrodjojo mengatakan, Indocomtech adalah bukti komitmen dalam mendukung pemerintah yang telah memiliki perhatian serius  dalam menghadapi arus revolusi industry 4.0 yang canggih.

Dijelaskan Ketua Umum DPP Apkomindo, Rudi Muliadi, bila tahun lalu Indocomtech mendatangkan sekitar 185 ribu orang,  250 peserta pameran dengan total transaksi sekitar Rp639 milliar, di tahun ini pameran yang diselenggarakan Yayasan Apkomindo  bekerjasama dengan PT Traya Eksibisi International (Traya Events) menargetkan sekitar 200 pengunjung  dengan 250 peserta pameran selama 5 hari pameran berlangsung.

Diakui Hidayat, perlu ekstra keras dalam menyelenggarakan pameran yang telah berlangsung sebanyak 27 kali ini, karena teknologi semakin canggih, kementerian akan melakukan digitalisasi yang menuntut para pelaku bisnis teknologi harus lebih kreatif.

Itu makanya Indocomtech tahun ini orientasinya tak hanya berjualan, melainkan juga menghadirkan wahana edukasi dan sharing perkembangan teknologi yang saat ini mengarah pada pemanfaatan yang lebih luas.

Tak hanya itu, Indocomtech tahun ini menghadirkan turnamin gaming pertamanya lewat OMEN Challenger Series 2019 yang diselenggarakan  Hewlett Packard (HP Inc.). Selain turnamen CS:GO, pengunjung juga dapat menikmati kompetisi Cosplay dan Coswalk yang akan ditampilkan 2 November, sabtu mendatang serta penampilan Weird Genius and Ramengvrl. Gamers juga dapat membeli rangkaian produk gaming HP, OMEN 15 Lptop dan Pavilion Gaming 15 dan mendapatkan hadiah langsung aksesori gaming HP hingga senilai Rp1.500.000,-.

“Dengan terintegrasinya pekerjaan dan kehidupan pribadi, konsumen membutuhkan perangkat inovatif yang dapat mendukung lifestyle dan workstyle mereka,”kata Hansen Wijaya, Indonesia Consumer Personal System Category Lead, HP Inc.

Sesuai dengan temanya, “Never Stop Exploring”, Indocomtech berusaha memberikan pengalaman kepada masyarakat lewat berbagai inspirasi teknologi serta beragam kegiatan menarik dan menghibur.

Dalam momen ini Indocomtech juga bekerjasama dengan Persatuan Guru Indonesia (PGRI)  menyelenggarakan Olimpiade TIK Nasional bertema ICT for Better Future yang diikuti 700 peserta yang terdiri dari para guru TIK dari seluruh Indonesia dari sekolah dasar sampai tingkat menengah. Kegiatan ini dilakukan dalam  rangka mendukung upaya internalisasi program pendidikan berbasis 4.0.

Sebagai ajang edukasi dan transfer pengetahuan untuk merespon perkembangan teknologi terkini, Indocomtech mengadakan sejumlah talkshow dan seminar, diantaranya workshop bidang animasi, digital marketing dan entrepreneurship. Sejumlah kompetisi pun digelar diantaranya robotic, membuat games, coding, video kreatif, ICT for math, blog, fotografi dan sebagainya. []sr