Kehadiran Satpam Tingkatkan Pengguna MRT Jakarta

Jakarta, 3 januari 2020, pelakubisnis.com – Bagi PT MRT Jakarta (Perseroda), satuan pengamanan (Satpam) sebagai mitra kepolisian berperan dalam tindakan pencegahan dan jaminan keamanan di area stasiun dan kereta MRT Jakarta. Dengan adanya jaminan keamanan tersebut, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan jasa transportasi seperti MRT Jakarta dan mendorong peningkatan jumlah pengguna atau penumpang (ridership).

Demikian disampaikan Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta (Perseroda) Muhammad Effendi ketika memberikan arahan dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-39 Satuan Pengamanan yang diperingati setiap 30 Desember. Upacara dilaksanakan di Depo Lebak Bulus pada Jumat (3/1).

“Mewakili jajaran Direksi PT MRT Jakarta (Perseroda), saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Satuan Pengamanan yang ada di MRT Jakarta atas dukungannya selama ini dalam menjaga stabilitas di lingkungan MRT Jakarta sehingga menjadi salah satu operator terbaik dan teraman di Indonesia,” ucap ia pagi itu di hadapan sekitar 350-an peserta upacara.

“Setiap personel satpam harus memiliki integritas tinggi dalam menjalankan tugasnya dan terus jalin komunikasi yang positif dengan setiap pelanggan MRT Jakarta,” ujar ia. “Selain itu, terus tingkatkan kompetensi diri baik melalui pendidikan maupun pelatihan agar selalu memberikan layanan terbaik dalam melaksanakan tugasnya,” pungkas ia.

Dalam kesempatan ini pula, Muhammad Effendi menyerahkan penghargaan kepada tiga orang petugas satpam yang berprestasi. Beberapa peserta upacara juga unjuk keterampilan bela diri tangan kosong dan tongkat serta mematahkan potongan besi.

Sementara Sri Rahmawati, salah satu petugas keamanan yang sehari-hari bertugas di Stasiun Cipete Raya menyampaikan kesannya selama bekerja di MRT Jakarta. “Saya merasa bangga sekali saat melayani penumpang di stasiun dan ketika naik ke kereta. Di situ kita jadi pedoman utama penumpang untuk keselamatan mereka di stasiun,” cerita ia dengan sumringah. “Meskipun syaa baru ditugaskan tiga bulan lalu, namun saya merasa sangat bangga bisa melayani masyarakat Jakarta,” ujar ia.

Saat ini, terdapat sekitar 900-an personel satuan keamanan yang tersebar di sepanjang jalur MRT Jakarta, bertugas mengamankan area-area depo, gardu induk, dan stasiun serta ratangga. Selain itu, setiap personel juga dapat menjadi sumber informasi bagi penumpang ingin mengetahui fitur-fitur yang ada di area stasiun. []NAS/sp