Wapres RI: Berharap Penjualan Properti Lampaui Target

Jakarta, 15 Februari 2020, pelakubisnsis.com –  Perkembangan Program Sejuta Rumah (PSR)   dalam 5 tahun terakhir  cukup membanggakan. Sekitar 70% dari program tersebut dinikmati masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Demikian disampaikan Wakil Presiden RI, KH.H Ma’ruf Amin, dalam pembukaan pameran Indonesia Properti Expo 2020, yang berlangsung pada 15/2, di JCC, Jakarta.

Program tersebut ke depan, kata Ma’ruf Amin , masih perlu ditingkatkan lagi. Apalagi lagi ada bonus demografi yang akan berlangsung sampai tahun 2030, sehingga kebutuhan akan rumah semakin meningkat

Menurut Ma’ruf Amin, program ini akan berdampak bagi  pertumbuhan ekonomi, Bahkan, lebih dari itu, menjadi pintu masuk pemerataan , pertumbuhan, dan  kemakmuran di Indonesia. Walaupun  kinerja ekonomi Indonesia tahun ini masih menantang karena masih ada ketidakpastian global, seperti perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok dan wabah virus corona yang akan berdampak  pada ekonomi dunia.

“Untuk meningkatkan kinerja properti, pemerintah akan mengeluarkan omnibus law, termasuk Izin Mendirikan Banguna ( IMB ) lebih  mudah, cepat dan murah,” katanya serius seraya menambahkan  pemerintah terus berupaya mendorong instansi terkait untuk melakukan digitalisasi perizinan, yang nantinya akan diintegrasikan dalam sistem Online Single Submission (OSS).

Lebih lanjut ditambahkan, semoga para pengembang bisa menjual perumahan melampaui target, tapi jangan lupa membayar zakat.

Sementara Direktur Utama Bank BTN, Pahala N. Mansury mengatakan, IPEX 2020 akan digelar mulai 15-23 Februari ini, BTN menargetkan dapat meraup ijin Prinsip KPR baik subsidi maupun non subsidi sebesar Rp 3 triliun.

Walaupun tahun ini, kata Pahala,  tidak mudah bagi sektor properti, karena penjualan properti mengalami penurunan. Berdasarkan survey Bank Indonesia, Penjualan Properti Residensial Triwulan IV/2019 turun 16,33%(q to q) secara triwulanan dibandingkan triwulan III /2019 yang masih tumbuh 16,18%. Penurunan penjualan perumahan pun terjadi secara merata baik rumah tipe kecil,menengah atau pun besar.

Indonesia Properti Expo (IPEX) digelar  PT Adhouse Clarion Events (Ad-House)  untuk  ke-38 kalinya. Pameran  ini didukung Kementerian BUMN,  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Real  Estate Indonesia (REI) DPD DKI Jakarta dan PT Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk sebagai  Official Bank Partner.[] yt/foto: humas BTN