Digitalisasi Dorong Ekonomi Syariah

Jakarta, 28 September 2021, pelakubisnis.com – Digitalisasi merupakan langkah memperkuat peran ekonomi syariah   dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi. Digitalisasi akan menciptakan efisiensi dan memberikan nilai tambah sehingga membuka peluang bisnis baru.

Hal itu terindikasi dari data transaksi e-commerce industri halal posisi Juli 2021 (YoY) yang meningkat cukup signifikan sebesar 21,7% yang didominasi oleh produk fashion. Selain digitalisasi, potensi lain yang dapat dikembangkan untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional adalah pengembangan keunggulan sumber daya regional, dengan melakukan identifikasi dan pengembangan produk-produk unggulan yang dimiliki oleh masing-masing daerah (high quality local product).  

Demikian disampaikan Deputi Gubernur BI Sugeng dalam pembukaan acara Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa yang digelar secara hybrid  pada 27/9.

Senada dengan itu, Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menuturkan pentingnya aspek literasi digital dan keuangan untuk memperkuat perekonomian syariah. Selain itu, Khofifah menambahkan pentingnya membangun ekosistem ekonomi syariah yang inklusif, melalui pengembangan sektor ekonomi dan keuangan syariah yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pengelolaan ekonomi daerah berbasis syariah, penguatan halal value chain, pemberdayaan ekonomi pesantren, pemberdayaan UMKM, penguatan halal lifestyle, serta optimalisasi Islamic social finance dan fintech syariah.

FESyar Regional Jawa mengangkat tema “Sinergi Membangun Ekonomi Syariah Melalui Digitalisasi Untuk Pemulihan Ekonomi” dan akan berlangsung mulai t27 September hingga 2 Oktober 2021. Rangkaian kegiatan FESyar terdiri dari Sharia Economic Forum dan Sharia Fair yang meliputi beberapa kegiatan seperti business matching, business coaching, lomba, seminar, serta sosialisasi dan edukasi ekonomi Syariah.

Berbagai rangkaian kegiatan tersebut juga diselenggarakan di 14 Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Regional Jawa. FESyar Regional Jawa merupakan gelaran FESyar terakhir setelah Regional Kawasan Timur Indonesia dan Sumatra, sebagai rangkaian kegiatan menuju puncak acara Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) pada 25-30 Oktober 2021 mendatang.[]sp