Insight Penting Preferensi Kuliner Online Gen Z & Milenial

 Bandung, 8 Februari 2023, pelakubisnis.com –  Komitmen Foodizz dan Populix untuk terus memberikan informasi dan insight bagi pelaku bisnis kuliner dilakukan dengan menggelar riset komprehensif yang mengambil sampel sebesar 3000 responden. Responden tersebar di beberapa kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Pulau Jawa Non Jabodetabek, dan Luar Pulau Jawa).

Tujuan digelarnya riset ini secara spesifik adalah untuk memahami perilaku dan preferensi Gen Z dan Millennials terhadap kuliner (online & offline). Di samping itu, juga mengetahui produk/fitur/layanan yang sesuai dengan preferensi Gen Z dan Millennials, dan juga untuk bisa membantu memprediksi kebutuhan bisnis kuliner di tahun 2023.

Dalam riset dihasilkan beberapa data yaitu mengenai perilaku Gen Z dan Milenial, perilaku dalam makan, perilaku dalam kuliner online dan offline juga pengaruh media dalam kuliner. Berikut beberapa temuan-temuan menarik:

1. Gen Z dan Millennial menggunakan YouTube, media sosial khusus kuliner, dan media sosial influencer untuk mendapatkan informasi mengenai kuliner.

2. Setelah masa pandemi usai, konsumen Gen Z dan Millennial lebih menyukai kuliner offline.

3. Frekuensi pemesanan online adalah 2-3x/minggu akan tetapi turun jika dibandingkan dengan tahun lalu.

4. Harga, Kualitas Layanan dan Promo E-Commerce menjadi faktor pertimbangan dalam memilih tempat kuliner online. Selain itu, promo dan Rating juga menjadi faktor utama dalam memilih tempat baik untuk Gen Z & Millennial

5. Harga, jenis makanan dan kualitas makanan adalah yang dicari oleh Gen Z & Milennials saat memilih tempat kuliner offline.

6. Promo dan lokasi juga faktor penting bagi mereka dalam menentukan tempat

7. Frekuensi pembelian kuliner offline adalah 3x/minggu.

Kunci untuk menciptakan insight bahwa kita harus mengelola data, fakta, informasi, knowledge, dan experience atau biasa disebut sebagai Nutrisi Insight. “Biasakan untuk mulai baca, nonton, dengar berbagai data, mulai cari-cari data sederhana, kalau sudah serius lakukan research daripada pakai asumsi, dan mulai ACTION karena bisnis jadi laris manis karena data!” ujar Rex Marindo, Founder & Content Director Foodizz.

Foodizz Academy merupakan sebuah platform edukasi bisnis kuliner berbasis teknologi yang didirikan pada tahun 2018. Sejak itu Foodizz telah mengedukasi total lebih dari 300 ribu orang di lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia sampai akhir tahun 2019, dan masih akan terus bertambah, dengan sebuah visi besar untuk memberikan akses terhadap ilmu bisnis kuliner kepada seluruh foodpreneur di Indonesia dari berbagai kalangan, terutama UMKM yang jumlah nya 64,1 juta di tahun 2018. [] sr