PKT–GAMA Business Case Competition 2023, Usung “Agribusiness Sustainability through ESG Development”

Jakarta, 6 Juli 2023, pelakubisnis.com – Keluarga Alumni Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (KAFEGAMA) berinergi dengan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) dan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Madah (FEB UGM) membuka secara resmi kegiatan Pupuk Kalimantan Timur Gadjah Mada Business Case Competition (PKT – GAMA BCC) 2023, pada 6/7. Usai pembukaan acara itu, dilanjutkan Webinar bertema “Agribusiness Suistainability Through ESG Development”.

Tema yang diusung itu dinilai tepat mengingat pentingnya solusi dan inovasi melalui pengembangan Environment Socia, Governance (ESG) untuk melakukan langkah strategis demi keberlanjutan pada sektor agribisnis dan keberlangsungan kebutuhan masyarakat di tengah ketidakpastian saat ini. Sekaligus mendukung pemulihan ekonomi dan memajukan ekonomi nasional berbasis perekonomian  agraris.

PKT-GAMA BCC tahun 2023 kali ini merupakan edisi kedua setelah sukses diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2022. Pada tahun ini tema “Agribusiness’ Sustainability through ESG Development” diangkat untuk menjawab tren bisnis keberlanjutan yang saat ini sedang digaungkan banyak pihak tidak hanya di Indonesia, namun juga di dunia.

Opening Ceremony dan webinar yang dilaksanakan secara hybrid hari ini dihadiri oleh Perry Warjiyo (Ketua Umum KAFEGAMA) yang juga merupakan Gubernur Bank Indonesia, Rahmad Pribadi (Direktur Utama Pupuk Kalimantan Timur), Prof. Didi Achjari (Dekan FEB UGM), Ong Tek Tjan (CEO Titipku) dan Reslian Pardede (Praktisi ESG) dan Eddiwan Danusaputro (Koordinator Program PKT-GAMA BCC). Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 500 peserta (daring dan luring) ini secara khusus untuk meresmikan kegiatan PKT-GAMA BCC 2023 dan webinar yang membahas tentang keberlanjutan agribisnis melalui pengembangan ESG.

Rahmad Pribadi, Direktur Utama PT Pupuk Kalimantan Timur dalam sambutan mengatakan, PKT melihat adanya potensi berkembangnya bisnis yang berkelanjutan dan positif bagi masyarakat. Karenanya PKT berkolaborasi dengan alumni FEB Gajahmada dalam mengadakan ajang kompetensi (BCC) yang akan merevolusi pendekatan praktik-praktik ESG.

“Beberapa tahun terakhir dalam dunia bisnis, perusahaan dituntut untuk memprioritaskan faktor ekologi. Karenanya ESG, menjadi tema utama dalam ajang BCC 2023, “kata Rahmad.

Ia melanjutkan, penerapan ESG dalam PKT telah menjadi sebuah pedoman hidup dalam memperdayakan lingkungan. PKT berkomitmen menjadi pelopor dalam transformasi hijau industri. Bahkan PKT, meraih peringkat pertama sebagai perusahaan agrokimia di dunia.

Harapannya dengan diadakannya ajang kompetisi BBC, dapat memberikan pacuan terhadap individu akan kesadaran terkait ide-ide yang mempengaruhi sektor agribisnis. Karenanya kolaborasi dengan akademisi sangat diperlukan.

Yang dikhawatirkan pada masa kini, kata Rahmad, terkait kesadaran inovasi agribisnis adalah: kurangnya partisipasi generasi muda dalam bidang agribisnis dan butuhnya teknologi yang lebih modern karena maraknya penggunaan teknologi yang terkesan tradisional. Karenanya peran anak muda dalam mengembangkan sektor agribisnis sangat diperlukan dan perlunya dukungan terkait hal tersebut.

Sementara itu, Perry Warjiyo selaku Ketua Umum Pengurus Pusat KAFEGAMA dalam sambutannya mengatakan, “Ada 3 hal penting dari BBC. Pertama, Inovasi. Perlunya cara-cara kreatif dalam hidup yang lebih baik kedepannya. Inovasi sangat Penting tidak hanya untuk pribadi atau karir tapi juga menjadi suatu hal progresif bagi kepentingan negara. Karenanya ajang ini merupakan sebuah cara-cara progresif demi mewujudkan siap inovasi  tersebut. Kedua, Ramah lingkungan. Dengan diadakannya ajang BBC dapat mewujudkan sikap ramah lingkungan terhadap ekologi secara praktik maupun ideologis menjadikan peserta acara menjadi pribadi yang konservatif. Ketiga, Menjadikan peserta sebagai enterpreneur yang lihai dan cakap dalam bidang bisnis. Yang dimana dua hal sebelumnya yakni inovasi dan pribadi ramah lingkungan dibutuhkan dalam sektor perbisnisan terutama agararis. Karenanya banyak perusahaan memerlukan sikap-sikap tersebut demi mewujudi bisnis yang lebih peduli lingkungan,”.

Sampai  5 Juli 2023 terdata jumlah peserta dari S1 sebanyak 137 tim dan S2 sebanyak 50 tim dan ditargetkan sampai penutupan pendaftaran pada 10 Juli, peserta S1 sebanyak 150 tim dan S2 sebanyak 55 tim yang berasal dari seluruh Universitas di Indonesia.

Ada pun para juri dalam Grand Final PKT-GAMA BCC 2023 ini yaitu Perry Warjiyo (Gubernur Bank  Indonesia), Erick Thohir (Menteri BUMN), Rahmad Pribadi (Direktur Utama Pupuk Kaltim), Yohanes Sugihtononugroho (Founder/CEO Crowde),  Edwin Hidayat Abdullah (VP Director Indonesia Aviation and Tourism Holding Co), dan David Setyadi Gunawan (Founder/CEO Eden Farm). Kompetisi ini sendiri dibuka secara resmi pada tanggal 5 Juli 2023 dan ditutup pada babak Grand Final pada 21 Agustus 2023 dengan memperebutkan hadiah senilai total Rp113.000.000.*** sr