Mikajo Bakery Binaan YDBA Kembangkan Inovasi

Sangatta, 17 November 2023, pelakubisnis.com – Astra melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) dan PT Pamapersada Nusantara (Pama) mendirikan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Pama Banua Etam, di Sangatta, Kalimantan Timur. Saat ini LPB Pama Banua Etam tengah membina 164 UMKM aktif di Sangatta dengan berbabagi program pembinaan berupa pelatihan, pendampingan, fasilitasi pemasaran dan fasilitasi pembiayaan.

LPB  terus mendorong para UMKM untuk melakukan inovasi dan selalu agile dalam menjalankan bisnisnya, baik dalam hal produksi, pemasaran hingga keuangan yang mendukung kemajuan bisnis UMKM.

Mikajo Bakery, misalnya,  merupakan UMKM binaan LPB Pama Banua Etam sejak 2018. UMKM ini memiliki komitmen untuk membuat roti sehat, seperti terbuat dari bahan dasar labu kuning, produk vegetarian dan produk dengan gluten free. Produk sehatnya merupakan inovasi yang dibuat oleh Grace, pemilik Mikajo Bakery. Inovasi tersebut dibuatnya berdasarkan hasil survey yang ia lakukan pada tahun 2021.

Dari hasil survey tersebut Grace bercerita bahwa 76,9% dari 108 respondennya yang berusia 20 tahun ke atas menginginkan roti vegan dan jika ditanya mengenai harga, sebanya 75,9% harga tidak menjadi isu. Berangkat dari survey tersebutlah, Grace mulai mempelajari dan membuat invoasi produk roti yang sehat untuk dikonsumsi.

Beberapa produk Mikajo Bakery saat ini, antara lain White Bread, Traditional Snack, Cookies Gluten Free, Vegetarian Bread, Modern Snack dan Healthy Drink. Untuk memperkenalkan produk roti sehatnya, Grace tidak jarang mengedukasi masyarakat baik melalui media sosial maupun talskhow mengenai produk roti sehat yang aman dikonsumsi masyarakat.

Saat ini Mikajo Bakery menjadi satu-satunya toko roti yang mengemas labu kuning sebagai bahan dasar di Provinsi Kalimantan Timur. Mikajo juga merupakan anggota dari komunitas UMKM Kuliner OKUSA (Olahan Kuliner Sangatta). Hadirnya Mikajo Bakery diharapkan dapat memenuhi kebutuhan makanan masyarakat yang semakin sadar untuk mengkonsumsi makanan sehat.[] yt