Sertifikasi ISO 41001:2018, Mewujudkan Efisiensi pada Perusahaan atau Organisasi

Jakarta 23 Februari 2024, pelakubisnis.com –Memperoleh sertifikasi ISO bagi Manajemen Fasilitas pada sebuah perusahaan adalah cara untuk memberdayakan profesional Facilities Management. Mengingat lanskap yang sangat dinamis dan selalu berkembang, termasuk teknologi dan ESG, standar ISO sangat penting bagi manajer fasilitas dan manajemen fasilitas. Hal tersebut penting agar memberikan kerangka kerja praktik terbaik untuk menjaga dan mengoperasikan fasilitas secara efektif. Standarisasi ini menjamin konsistensi, kualitas, dan keamanan dalam area penting seperti efisiensi energi, keberlanjutan lingkungan, kesehatan, dan keselamatan..

Christina Ng, Head of Facilities Management mengatakan, meskipun peran Manajemen Fasilitas dalam perusahaan semakin diakui, tim Facilities Management Colliers Indonesia menyadari bahwa masih banyak perusahaan yang belum memperoleh sertifikasi, termasuk ISO 41001:2018, untuk tim Manajemen Fasilitas mereka.

ISO 41001 berfungsi sebagai standar Facility Management (FM), yang dirancang untuk membantu organisasi atau perusahaan dalam menetapkan, melaksanakan, menjaga, dan meningkatkan program kepatuhan Manajemen Fasilitas yang terintegrasi.

Adanya penerapan sistem ISO 41001, organisasi atau perusahaan dapat mewujudkan efisiensi dalam bentuk sebagai berikut:

  • Menentukan arah tim FM agar sejalan dengan kebutuhan, visi, dan misi perusahaan.
  • Memetakan risiko dan mengidentifikasi peluang perbaikan untuk menghindari biaya yang lebih tinggi terkait aspek bahaya atau risiko.
  • Meningkatkan kualitas layanan melalui kriteria tenaga kerja dan meningkatkan kinerja tim.
  • Mengorganisir dokumentasi lebih efektif.
  • Menerapkan KPI yang sesuai dapat membantu organisasi mengukur aspek yang perlu diperbaiki. Hal tersebut guna mencapai efisiensi yang lebih baik.
  • Mencegah, menangani, dan menanggapi keluhan dengan cara yang lebih efisien.[]sr