Mendag Kunjungi ITC Mangga Dua,  Harga Ekonomis Kebutuhan Sandang Jelang Lebaran

Jakarta, 18  Maret  2024, pelakubisnis.com  – Selain  memantau  barang  kebutuhan  pokok  (bapok)  di  pasar  rakyat,  Kementerian  Perdagangan  juga memastikan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Kebutuhan sandang dan pangan sangat cukup untuk  menyambut  Lebaran tahun  ini.  Masyarakat dapat berbelanja dengan harga  lebih ekonomis dan terjangkau sehingga dapat menyambut Lebaran dengan baik, aman, lancar, dan bahagia.

Demikian  disampaikan  Mendag  Zulkifli  Hasan  usai  meninjau  Pusat  Perbelanjaan  ITC  Mangga  Dua  di Jakarta  Utara,  Jakarta,  pada  17/3.  Turut  mendampingi  Mendag  Zulkifli  Hasan  yaitu  Plt. Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Isy Karim.

“Jadi, kalau hari kerja, kita ke pasar rakyat memperhatikan harga cabai, beras, ayam, telur dan lain-lain.  Waktu  hari  libur,  kami  ke  pusat  perbelanjaan  (grosir)  karena  Lebaran  bagaimanapun  terkait ketersediaan  sandang  dan  pangan.  Jadi,  ada  pangan.  Namun,  juga  perlu  pakaian  dan  di  sini  juga ramai  serta  harganya  ekonomis.  Mudah-mudahan  Lebaran  kali  ini  bisa  berlangsung  dengan  baik, aman,  lancar,  dan  masyarakatnya  bahagia  karena  barang  kebutuhannya  ada,  yaitu  pangan  dan sandang lengkap,”jelas Zulkifli Hasan.

Terkait  kebutuhan  pokok  seperti  cabai,  kata Zulkifli  Hasan,   cabai  merupakan tanaman   yang   sangat   bergantung   pada   cuaca.   Untuk   itu,   pemerintah   bersama   pemangku kepentingan  terkait  harus  bisa  mengembangkan  sistem  pertanian  yang  dapat  terus  beradaptasi dalam berbagai kondisi cuaca.

“Cabai sangat bergantung pada musim atau cuaca. Kalau hujan terus-menerus dan lebat, panennya gagal.  Kalau  panennya  gagal,  suplainya  sedikit,  permintaan  banyak,  harga  naik.  Oleh  karena  itu, Kementerian Pertanian dan lainnya harus mengembangkan sistem pertanian, terutama cabai yang tidak begitu terpengaruh dengan cuaca,”jelas  Zulkifli Hasan.

Sementara untuk beras, lanjut Zulkifli Hasan, pemerintah melalui Bulog telah menyediakan   beras   program   Stabilisasi   Pasokan   dan   Harga   Pangan   (SPHP)   dengan   harga Rp10.900/kg  dan  beras  premium  dengan  harga  Rp14.000/kg.  Selain  itu,  pemerintah  menjamin ketersediaan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sementara itu,  untuk harga telur dan ayam sudah mulai turun.

“Kalau yang disediakan pemerintah yaitu beras Bulog dengan kualitas bagus dan dijamin harganya tidak naik serta persediaannya lebih dari cukup. Selain itu, yang mau berLebaran mau pakai baju, mukena, sarung baru, semua tersedia dan harganya ekonomis,”tutup Zulkifli Hasan.[]sp