Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Jakarta, 3 Desember2021, pelakubisnis.com – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan memastikan ketersediaan kedelai  untuk  bahan  baku  tempe  dan  tahu  dalam  negeri  cukup  untuk  memenuhi  kebutuhan  Natal  2021  dan Tahun Baru 2022. Pemerintah telah berkoordinasi dengan pelaku usaha untuk mengantisipasi kebutuhan kedelai dengan memperkirakan jumlah saat panen dan kualitas di negara produsen.

“Pasokan kedelai dari negara eksportir cukup baik. Saat ini negara produsen tengah memasuki masa panen, sehingga  kami  optimis  pasokan  kedelai  akan  cukup  hingga kuartal pertama 2022,”kata  Oke  di  Jakarta,  hari  ini, Jumat (3/12).

Oke menyampaikan, berdasarkan Chicago Board of Trade (CBOT), harga kedelai dunia pada akhir November 2021sekitar  USD  12,17/bushelsatau  setara  USD  446/ton.  Harga  initurun dibanding awal  Juni  2021 yang  tercatat sebesar USD 15,42/bushels setara USD 566/ton. Dengan kondisi tersebut, maka landed pricediperkirakan berada pada kisaran Rp 7.695/kg dan di tingkat importir sebesar Rp 8.378/kg.

“Dengan kondisi panen di negara produsen yang cukup baik, diperkirakan harga kedelai dunia akan relatif stabil.Untuk  itu,diharapkan  para  pelaku  usaha  dapat  bekerjasama dalam menjaga  kelancaran  pasokan  kedelai  ke pengrajin tahu dan tempe,”lanjut Oke.

Oke  memperkirakan,dengan  kondisi  harga  kedelaisaat  ini,  harga  tempe  akan  berada  di  kisaran  Rp10.129/kg, lebih   rendah dari pertengahan   Juni   sekitar   Rp17.000/kg. Sementara harga   tahu   akan   berada   di   kisaran Rp605/potong, sedikit turun dibanding sebelumnya sebesar Rp700/potong.

Oke  berharap,panenkedelai negara  produsendapat  memacu  gairah  pengrajin  tahu  dan  tempe  untuk  tetap melakukan produksi dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

“Kemendag terus konsisten memantau perkembangan harga dan pasokan kedelai untuk memenuhi kebutuhan produksi   pengrajin   tahu   dan   tempe   nasional. Untuk   itu, masyarakat   tidak   perlu   merasa   khawatir   atas ketersediaan  tahu  dan  tempe  sebagai  alternatif  sumber  protein  dengan  harga  terjangkau,khususnya  periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022,”pungkas Oke.[]sp