Produk Indonesia Kembali Hadir di  Pameran  Retail Terbesar di Nigeria

Lagos, 9 November 2023, pelakubisnis.com – Kementerian  Perdagangan  melalui  Indonesian  Trade  Promotion Center (ITPC) Lagos kembali melakukan promosi produk Indonesia di Nigeria. Kali ini, promosi dilakukan melalui keikutsertaan dalam Lagos International Trade Fair (LITF) yang merupakan pameran dagang retail terbesar di Nigeria pada 2—12 November 2023 di Tafa Balewa Lagos, Nigeria.

”LITF merupakan ajang promosi dan penjualan retail yang menyasar langsung pembeli akhir dan juga pelaku bisnis. Di pameran ini ITPC Lagos mendukung berbagai produk Indonesia baik yang  sudah  hadir  di  Nigeria,  maupun  yang masih  melakukan  penjajakan,” ujar  Kepala  ITPC Lagos Hendro Jonathan.

Hendro  mengharapkan,  dengan  jumlah  peserta  lebih  dari  1.000  perusahaan  dan jumlah pengunjung lebih dari  5.000 orang per hari, LITF dapat  mendukung  pertumbuhan penjualan produk  Indonesia  di  Nigeria. Partisipasi  internasional di  pameran  ini  juga  menghadirkan paviliun internasional lainnya  seperti Jepang, Taiwan, Tiongkok, Ghana, dan Mesir.

Dalam kegiatan ini, ITPC Lagos turut mengundang peserta dari Indonesia dan juga perwakilan di Nigeria untuk berpartisipasi. Terdapat  enam perusahaan Indonesia yang hadir, yaitu PT Dexa Medica denganproduk farmasi, Mensa  Group dengan produk minuman  serbuk  energi,  PT Nutrifood dengan  produk  minuman  jus  bubuk,  PT Karya  Laili  Mendunia dengan produk minuman kolagen, PT Orang Tua dengan produk peralatan pembuat  kue, dan Bukky and Son dengan produk busana muslim Indonesia.

Hendro  menjelaskan, saat  ini, produk  minuman  serbuk  Indonesia  sangat  digemari  para pengunjung LITF. Di tengah cuaca panas, produk minuman serbuk Indonesia menjadi pilihan karena harga yang terjangkau dan rasanya yang segar.

”Upaya promosi aktif melalui pameran yang dilakukan ITPC Lagos cukup mengundang minat  pengusaha Nigeria dan negara sekitarnya. Hal ini terlihat selama enam hari penyelenggaraan, para peserta aktif mempromosikan produknya dengan melakukan beberapa kegiatan promosi seperti  maskot, wet  sampling,  dan  beberapa  pertunjukan  yang  mengundang  pengunjung untuk datang ke paviliun Indonesia,” tutup Hendro.

LITFmerupakan  pameran  dagang retail internasional  terbesar  di  Afrika  Barat.  Pameran yang telah diikuti ITPC Lagos sejak 2009 ini diselenggarakan oleh Lagos Chamber of Commerce and Industry (LCCI) dan menampilkan produk umum seperti makanan dan minuman, farmasi, rempah-rempah, peralatan dapur,tekstil, dan otomotif. LITF diselenggarakan selama sepuluh hari dan digelar di lokasi pusat komersil/retail Lagos.

Total perdagangan Indonesia-Nigeria pada periode Januari—September 2023 tercatat sebesar USD  3,00  miliar.  Dari  nilai  tersebut,  ekspor  Indonesia  ke  Nigeria  sebesar  USD  374,2  juta. Sedangkan, impor Indonesia dari Nigeria tercatat sebesar USD 2,63 miliar.[]sp