Klinik MEDISKA KAI Daop 1 Jakarta melayani ribuan pekerja dan masyarakat umum.

Jakarta, 4 Agustus 2024, pelakubisnis.com – Kesehatan tak hanya menjadi aset penentu produktivitas, tapi juga kunci penting keberlangsungan hidup seseorang. Begitu pentingnya makna kesehatan sehingga berbagai perusahaan, khususnya bidang publik selalu berupaya meningkatkan kesehatannya.

Ixfan hendriwintoko Humas PT KAI Daop 1 Jakarta menuturkan bahwa, Klinik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang dari tahun ke tahun selalu melakukan peningkatan dalam bidang pelayanan kesehatan, tak hanya bagi pegawai dan keluarganya saja, tapi juga penumpang dan masyarakat.

Salah satu pelayanan kesehatan KAI yang tengah unjuk gigi adalah Klinik Mediska PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta. Klinik Mediska PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta merupakan fasilitas pelayanan kesehatan milik KAI, dulunya fokus pada upaya kesehatan kerja bagi pekerja, tapi saat ini sudah menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan dengan menyediakan pelayanan medis dasar yaitu pelayanan pemeriksaan dokter umum, pelayanan periksaan dokter gigi, pelayanan KB, pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan  kefarmasian kepada pegawai, keluarga dan masyarakat umum.

Bahkan, seluruh Klinik Mediska PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta (Klinik Mediska Manggarai, Klinik Mediska Depok, Klinik Mediska Bogor, Klinik Mediska  Cikampek, Klinik  Mediska Manggarai, Klinik Mediska Bekasi) saat ini sudah mendapatkan predikat Akreditasi Paripurna dari Kementerian Kesehatan. Klinik Mediska Manggarai juga saat ini ditunjuk sebagai Klinik Kesehatan Kerja oleh Dinas Ketenagakerjaan DKI Jakarta. Saat ini, Klinik Mediska selain melayani pasien BPJS, juga melayani pasien umum. Jadwal Pelayanan Klinik Mediska dari Senin-Sabtu, dimana Senin-Kamis buka dari pukul 08.00-16.00 WIB, dan Jumat-Sabtu dari pukul 08.00-15.00 WIB.

Klinik Mediska PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta selain memberikan pelayanan kesehatan, juga aktif dan tanggap dengan mendukung program-program pemerintah, misalnya vaksinasi COVID 19, pengelolaan penyakit Tuberkulosis (TBC), pemeriksaan screening Papsmear, program prolanis. Baru-baru ini, yang telah dilakukan yakni program Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis), yang diadakan pada 25 Juni 2024 di Klinik Mediska Manggarai oleh tim Unit Kesehatan Daop 1 Jakarta yang berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dan Laboratorium Prodia dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi pensiunan, lansia, dan pekerja yang mendapatkan program pengelolaan penyakit kronis, dengan harapan dapat meningkatkan antusiasme dalam melakukan pemeriksaan kesehatan penyakit degeneratif seperti penyakit diabetes melitus dan hipertensi.

Klinik Mediska PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta pun dilengkapi berbagai teknologi kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan dilaksanakan berbasis teknologi informasi yang disebut dengan Sistem Informasi Kesehatan Kereta Api (SIKESKA) yang merupakan rekam medis elektronik, audiometri saat MCU para pekerja, dan pelayanan USG. Saat ini, Klinik Mediska PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta juga sedang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dalam pembuatan Rekam Medis Elektronik (RME) terintegrasi dengan akun SATUSEHAT.

Berikut data alamat atau lokasi Klinik Mediska PT KAI Daop 1 Jakarta :

Klinik Mediska Manggarai:

Jl. Bukit Duri Utara I No. 1, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan

Klinik Mediska Depok: 

Jl Stasiun Depok Lama No. 1, Pancoran Mas, Kota Depok

Klinik Mediska  Rangkasbitung :

Jl. Stasiun No 16 Kelurahan Muara Ciujung Timur Kec. Rangkasbitung Kab. Lebak Prov. Banten

Klinik Mediska Bogor :

Jl. Nyi Raja Permas 1 RT 04/ 06 kel Cibogor Kec Bogor Tengah Kota Bogor

Klinik Mediska Cikampek: Jl. Raya Cikamlek-Parakan, Cikampek Kota, Kec. Kota Baru, Karawang, Jawa Barat

Klinik Mediska Bekasi: Jl. Pusdiklat Raya RT 002/RW 007, Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Bekasi, Jawa Barat

Dan data kunjungan pasien selama periode 01 Januari sd 31 Juli 2024 ;

Klinik Mediska Manggarai Total : 14.754 kunjungan, atau rata-rata per hari : 26 kunjungan.

Klinik Mediska Depok Total : 6.284 kunjungan, atau rata-rata per hari : 11 kunjungan.

Klinik Mediska Bogor Total : 4.761 kunjungan, atau rata-rata per hari : 8 kunjungan.

Klinik Mediska Bekasi Total : 8.534 kunjungan, atau rata-rata per hari : 15 kunjungan.

Klinik Mediska Cikampek Total : 5.791 kunjungan, atau rata-rata per hari : 10 kunjungan.

Klinik Mediska Rangkasbitung  Total : 4.013 kunjungan, atau rata-rata per hari : 7 kunjungan.

Dengan kehadiran Klinik Mediska PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, diharapkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pekerja dan masyarakat luas semakin komprehensif dan holistik melalui pelayanan yang berkualitas, profesional, dan berintegritas serta dapat memudahkan akses dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mengikuti transformasi digital dalam pelayanan kesehatan di era revolusi industri 4.0 saat ini.[]sr