Mendag Zulkifli Hasan Terima PenghargaanTokoh Pemberdaya Pasar Domestik dari detikcom

Jakarta, 18 Oktober 2024, pelakubisnis.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menerima penghargaan dari detikcom yaitu detikcom Awards 2024 untuk kategori Tokoh Pemberdaya Pasar Domestik. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Pemimpin Redaksi detikcom Alfito Deannova Ginting pada 17/10 di Hotel Westin, Jakarta.

Zulkifli   Hasan   menyampaikan apresiasinya   atas penghargaan   tersebut.   Menurutnya, penghargaan ini merupakan wujud kerja bersama dalam menjaga pasar dalam negeri, terutama dalam pengembangan usaha domestik dan perlindungan dari impor ilegal.

“Terima  kasih  kepada  detikcom  yang  telah  memberikan  penghargaan  ini.  Kami  dedikasikan penghargaan  ini  untuk,  pertama,  rekan-rekan  di  Kementerian  Perdagangan  karena  sudah  bekerja keras. Kedua, untuk Satuan Tugas Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor, yang  di  dalamnya  ada  Kejaksaan  Agung  dan  Kepolisian  RI.  Ketiga,  untuk  Kementerian  Dalam  Negeri yang  bekerja  tanpa  henti  dalam  pengendalian  inflasi.  Sehingga,  inflasi  dan  harga-harga  barang kebutuhan pokok terkendali,”kata  Zulkifli Hasan setelah menerima penghargaan.

Zulkifli   Hasan   mengatakan,   saat   ini   Indonesia   juga   terus   menikmati   surplus   neraca perdagangan  berturut-turut.  Selain  itu,  sejumlah  perjanjian  dagang  bilateral  yang  penting  dalam strategi perdagangan luar negeri juga berhasil dijalin dalam beberapa tahun terakhir. Ia pun berharap, kinerja ini dapat terus ditingkatkan. “Mudah-mudahan dengan kolaborasi, surplus kita akan meningkat dan pertumbuhan ekonomi kita akan semakin baik,”kata Zulkifli Hasan.

Penghargaan  detikcom  Awards  2024  untuk  kategori  Tokoh  Pemberdaya  Pasar  Domestik  diberikan kepada Mendag Zulkifli Hasan karena perannya dalam mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Menurut Mendag Zulkifli Hasan, penghargaan ini merupakan hasil kolaborasi semua pihak dalam upaya menjaga pasar dalam negeri dan menggerakkan perekonomian.

Ia  meyakini,  UMKM  memegang  peranan  penting  dalam  menggerakkan  perekonomian  masyarakat. “UMKM juga perlu dukungan banyak pihak agar dapat terus berkembang. UMKM perlu dilindungi dari hal-hal yang dapat merusak perkembangan mereka, seperti impor ilegal,”pungkasMendag.[]sp