IdEA dan Traya Eksibisi Indonesia akan Gelar Pasar idea 2019

Jakarta, 19 Februari 2019, pelakubisnis.com – Asosiasi e-Commerce Indonesia ( idEA) bekerja sama dengan Traya Eksibisi Internasional akan menggelar pameran Pasar idEA 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 15-18 Agustus mendatang. Acara ini merupakan pameran e-commerce yang bertujuan memajukan memajukan ekonomi digital di Indonesia.

Indonesia merupakan pasar potensial dengan pertumbuhan e-commerce cukup signifikan.  Ketua Umum idEA, Ignatius Untung S, mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan e-commerce yang menarik dari tahun ke tahun. Lembaga Euromonitor mencatat, penjualan online di Indonesia sudah mencapai 1,1 miliar dollar AS sejak 2014 lalu. “idEA hadir untuk mendorong keberpihakan terhadap industri ekonomi digital dan menjalin hubungan baik antara konsumen, pelaku industri secara bekesinambungan, salah satunya mengintegrasikan kanal online ke ranah offline melalui pameran Pasar idEA,” kata Ignatius dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa 19/2.

Sementara data sensus Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, industri e-commerce di Indonesia dalam 10 tahun terakhir ini meningkat 17% dengan total jumlah usaha e-commerce mencapai 26,2 juta unit. Pada tahun lalu, e-commerce mengalami pertumbuhan sangat pesat dan diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan berkembangnya jumlah pengusaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah air.

Selama kurun waktu 4 tahun terakhir ini, e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan hingga 500%. Riset terbaru google dan Temasek dalam laporan e-Conomy SEA 2018 menunjukkan bahwa ekonomi digital Indonesia tahun ini mencapai US$ 27 miliar atau sekitar Rp391 triliun. Angka tersebut menjadi transaksi ekonomi digital Indonesia berada di peringkat pertama untuk kawasan Asia Tenggara dengan kontribusi sebesar  49%.

Menurut Untung,  potensi besar e-commerce di Indonesia masih memiliki beberapa tantangan, antara lain jumlah produk lokal masih kalah kuantitas dibanding produk impor dan edukasi tentang transaksi berbelanja online yang aman masih minim. Dibutuhkan sebuah wadah untuk meningkatkan itu. “Ini bukan sekedar pemeran biasa, seperti pada umumnya. Kita tidak memfokuskan berjualan, tapi memberi experience dan edukasi,” katanya.

Presiden Direktur PT. Traya Eksibisi Internasional, Bambang Setiawan, mengatakan, pameran Pasar idEA ini memberikan kesempatan bagi pelaku e-commerce untuk mengenalkan produknya kepada konsumen. Selain itu juga memberikan pemahaman selama mereka mengembangkan usahanya.

Menurut Pameran Pasar idEA akan menjadi tolok ukur perkembangan teknologi e-commerce Indonesia. Pameran ini menjadi salah satu pilihan yang tepat buat masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh soal perdagangan berbasis internet. “Pasar idEA ini menjadi salah satu alternatif pilihan, beberapa pilihan event lain. Pada saat berlangsung (pelaku e-commerce) bisa berkimpul satu tempat. Selama ini bisa connect tapi online, tapi ini satu lokasi,” imbuhnya.[] sr/foto:ist