Industri Pengolahan Triwulan III 2019 Terindikasi Ekspansif

Jakarta, 10 Oktober 2019, pelakubisnis.com – Kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan III-2019 terindikasi ekspansif meski dengan laju yang lebih lambat dibandingkan triwulan lalu. Hal tersebut tercermin dari Prompt Manufacturing Index (PMI) Bank Indonesia (BI)  sebesar 52,04% pada triwulan III-2019, sedikit lebih rendah daripada 52,66% pada triwulan II-2019.

Fase ekspansi terjadi pada hampir seluruh sub sektor, namun terpantau adanya perlambatan pada sub sektor Makanan, Minuman & Tembakau serta Tekstil, Barang dari Kulit & Alas Kaki. Di sisi lain, kontraksi yang terjadi pada Barang Kayu dan Hasil Hutan Lainnya sejak triwulan lalu terlihat masih berlanjut pada triwulan III-2019.

Perlambatan ekspansi kegiatan usaha diprakirakan akan terus berlanjut di triwulan IV 2019. Hal tersebut juga tercermin pada prakiraan PMI – BI triwulan IV-2019 sebesar 51,90% yang lebih rendah daripada triwulan sebelumnya.

Perlambatan ekspansi usaha diprakirakan terjadi pada beberapa sub sektor seperti Industri Tekstil, Barang Kulit dan Alas Kaki; Industri Kertas dan Barang Cetakan; Industri Pupuk, Kimia dan Barang dari Karet serta Industri Semen dan Barang Galian Non Logam.[] sp/foto: ist