Gerak Cepat Gulkarmat DKI Jakarta Atasi Kebakaran Gedung A Museum Nasional Indonesia

Jakarta, 17 September 2023, pelakubisnis.com – Gerak cepat  dilakukan petugas Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanggualangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta dalam merespons kebakaran di Gedung A Museum Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Usai laporan diterima pada Sabtu (16/9) malam pukul 20.00 WIB, petugas pemadam segera meluncur ke lokasi untuk melakukan pemadaman dan tiba pada pukul 20.07 WIB.

Pemadaman api mulai dilakukan pukul 20.09 WIB dan api berhasil dilokalisir perambatannya pada 20.40 WIB. Kemudian, proses pendinginan dilakukan pukul 21.37 WIB untuk mengurai material yang mudah terbakar agar tidak menyisakan api maupun asap.

Dalam melakukan pemadaman, Dinas Gulkarmat DKI Jakarta berupaya menyelamatkan serta melindungi jiwa dan artefak berharga, juga benda-benda sejarah lainnya yang ada di dalam museum. Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Terkait dugaan penyebab kebakaran saat ini masih dalam proses penyelidikan dari pihak yang berwenang.  

“Pada Minggu, 17 September 2023 pukul 00.15 WIB, pemadaman dinyatakan selesai secara aman dan terkendali. Sebanyak 56 personel dikerahkan dengan total armada sebanyak 14 unit (12 unit dari Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat dan 2 unit dari Dinas Gulkarmat Jakarta),” terang Satriadi.[]sp