Wamendag Jerry: Produk Mamin Indonesia Semarakkan SIAL Shanghai 2024

Shanghai, 29 Mei 2024, pelakubisnis.com – Produk makanan  dan  minuman  (mamin) Indonesia kembali berpartisipasi  dan menunjukkan  daya  tariknya di  kancah  global dalam pameran Salon  International  de  l’Alimentation  (SIAL) Shanghai 2024.Pameran yang berlangsung pada 28—30 Mei 2024 tersebut diselenggarakan di Shanghai New International Expo  Center (SNIEC), Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok(RRT). Wakil Menteri  Perdagangan Jerry  Sambuaga berkesempatan membuka  Paviliun  Indonesia  secara  resmi di  hari  pertama  pameran  SIAL Shanghai 2024 kemarin, pada 28/5.

“Partisipasi   Indonesia   dalam pameran SIAL   Shanghai   2024 merupakan komitmen   kami   untuk   terus memperluas pasar internasional dan memperkenalkan keunggulan produk mamin Indonesia kepada dunia. Kami  berharap keikutsertaan  Indonesia  dalam  pameran ini mampu  meningkatkan  ekspor  produk  mamin Indonesia di pasar global, khususnya Asia,”ujar Jerry.

Jerry  mengungkapkan, ada delapan  ekshibitor di Paviliun  Indonesia yang  akan  menampilkan produk mamin unggulan di SIAL Shanghai 2024. Para ekshibitor tersebut yaitu PT Azaki Food Internasional, PT Erefindo  Jaya  Indonesia, PT Manohara  Asri, PT  Sionchem  Global  Indo,  Indofood  CBP,  DAVIGOR,  Bank Indonesia  (Wellica  Corp),  dan Indonesia  Investment  Promotion  Center (IIPC). Adapun  produk mamin unggulan yang dipamerkan antara lain mi instan, kopi, sarang burung walet, minyak goreng, tempe azaki, dan makanan ringan.

Paviliun Indonesia di SIAL Shanghai 2024 juga menampilkanberbagai kegiatan menarik selama pameran SIAL Shanghai  2024. Beberapa  kegiatan  tersebut  antara  lain, penampilan  tari-tarian  daerah dan sesi coffee cupping bagi pengunjung. Coffee cupping diharapkan dapat memberikan pengalaman bagi pengunjung untuk mengeksplorasi rasa dan aroma dari beragam jenis kopi nusantara. Selain itu, Paviliun Indonesia memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk mencicipi produk makanan unggulan dari Indonesia.

SIAL Shanghai 2024 menghadirkan lebih dari 5.000 ekshibitor yang tersebar di 70 paviliun internasional dan 35  paviliun  domestik.  Pameran  ini  juga  menawarkan  24  kategori  produk  mamin  yang  beragam dan menggugah selera pengunjung.

Turut hadir KonsulJenderal RI di Shanghai Berlianto Situngkir, Atase Perdagangan (Atdag) Kedutaan Besar RI (KBRI) Beijing Budi Hansyah, dan Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Shanghai Adhi Kusuma Yudha Halim.

Selain SIAL Shanghai 2024, Indonesia juga akan berpartisipasi di pameran China International Import Expo (CIIE)  2024  yang  dilaksanakan  pada  5–10  November  2024  di  National  Exhibition  and  Convention  Center (NECC),  Shanghai, RRT.  CIEE  merupakan  salah  satu  pameran  internasional  yang  penyelenggaraannya didukung   penuh pemerintahTiongkok   setiap   tahunnya. Pada   kesempatan   tersebut, Indonesia   akan membawa produk makanan dan pertanian untuk dipamerkan.

Forum Bisnis Indonesia – RRT

Sebelum membuka SIAL Shanghai 2024, Wamendag Jerry berkesempatan hadir dan memberikan sambutan diForum Bisnis Indonesia – RRT yang diselenggarakan di Shanghai, Tiongkok pada 27/5. Forum bisnis tersebut menandai momen penting dalam membina hubungan dagang yang lebih kuat antara Indonesia – RRT.

Turut hadir Konsulat Jenderal RI di Shanghai Berlianto Situngkir dan Vice ChairwomenChina Council for the Promotion of International Trade(CCPIT) Hao Wen.

“Kami mengamati perkembangan hubungan dagang antara Indonesia dan Tiongkok. Tren ekspor Indonesia ke   Tiongkok   selama   lima   tahun   terakhir pada 2019–2023   meningkat   sebesar   27,3persen.   Hal   ini menunjukkan  adanya  peluang  kerja  sama  yang  besar.  Para  pelaku  usaha  dari  kedua  negara  tentu  dapat memanfaatkannya di masa depan,”kata Jerry.

Jerry  mengungkapkan, RRTtelah  menjadi  mitra  dagang  terbesar  Indonesia  secara  global. RRTmenjadi tujuan utama ekspor Indonesia dan merupakan pemasokterbesar bagi Indonesia.

“Kami  meyakini  kerja  sama  kedua  negara  masih  dapat ditingkatkan  sehingga Kementerian  Perdaganganberupaya terus memperluas dan mendiversifikasi ekspor ke RRT,” jelas Jerry.

Wamendag Jerry melanjutkan, Indonesiamerupakan salah satu kekuatan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan  Produk  Domestik  Bruto  (PDB)  sebesar  USD  1,32  triliun  dan  pertumbuhan  ekonomi  mencapai  5,05 persen pada 2023. Indonesia juga telah menunjukkan ketahanan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dengan tingkat pertumbuhan ekonomi positif yang konsisten sebesar 3,7persenpada 2021 dan 5,31pada 2022.

“Pencapaian tersebut sejalan dengan kenaikan PDB per kapita Indonesia yang meningkat sebesar 5,63 persen (YoY) menjadi USD 4,91 ribu pada 2023. Kondisi ini tentumenarik perhatian mitra dagang dan investasi,salahsatunyaRRT,” ujar Jerry.

Ekspor utama  Indonesia  ke  Tiongkok  pada  2023  meliputi feronikel senilai  USD  14,9  miliar, lignit  USD  7,9 miliar, dan batu bara USD 6,9 miliar. Di samping itu,terdapat nikel matte senilai USD 4,9 miliar dan minyak sawit dengan nilai USD 3,6 miliar.

Sementara, barang-barang yang menjadi impor utama Indonesia dari Tiongkok pada 2023 meliputi telepon pintar senilai USD 4,7 miliar, mesin pengolah data otomatis sejumlah USD 1,7 miliar, buldoser yang bergerak sendiri sebesar USD 1,1 miliar, dan insulated wiredengan nilai USD 788 juta.

Pada kesempatan tersebut, Jerry juga mengundang para pelaku usaha RRT untuk hadir di Trade Expo  Indonesia  (TEI)  ke-39  yang  akan  diselenggarakan  pada  9 – 12  Oktober  2024  di  Indonesia  Convention Exhibition  (ICE)  Bumi  Serpong  Damai  (BSD)  City,  Tangerang. TEI  ke-39  mengusung  tema“Build  Strong ConnectionwithThe Best of Indonesia”.[]sp