5K Leadership Dorong Kesuksesan BUMN Menuju Indonesia Emas 2045

Jakarta, 25 Juli 2024, pelakubisnis.com – Staf Khusus III Kementerian BUMN,  Arya Sinulingga mengatakan bahwa BUMN memiliki dua peran utama yaitu sebagai “lokomotif ekonomi” (value creator) sekaligus sebagai “benteng ekonomi” (agent of development).

“Dan peran-peran inilah yang didorong Pak Erick Thohir selama 5 tahun masa kepemimpinan beliau,” jelas Arya dalam acara konprensi pers, pada 24/7, di Pos Loc, jakarta .

“Inilah yang disebut Pak Erick sebagai peran ambidekster BUMN: peran value creator dan agent of development. Dan kepemimpinan Pak Erick Thohir selama hampir lima tahun ini telah berupaya menciptakan momentum bagi BUMN untuk menjalankan peran ambidekster tersebut dengan sebaik-baiknya,” timpal Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Utama PosIND.

Yang menarik, dalam memimpin BUMN, Erick Thohir mempraktikkan apa yang disebut “5K Leadership”. Konsep “5K Leadership” yang menjadi landasan dalam kepemimpinan Erick di Kementerian BUMN terdiri dari: Kedisiplinan Eksekusi, Kecepatan, Keberanian, Kebersamaan, dan Kebangsaan.

“Contohnya, Pak Erick menekankan Kedisiplinan Eksekusiagar kita selalu fokus dan konsisten dalam menjalankan setiap rencana. Yaitu memilih dan mengelola manusia di dalam tim, memberikan arahan melalui visi danstrategi, dan menjalankan operasi di lapangan,” ungkap Faizal Rochmad Djoemadi.

“Beliau juga menekankan bahwa Kecepatan adalah kunci untuk beradaptasi dengan perubahan yang cepat di dunia bisnis, cepat dalam mengambil keputusan dan lincah dalam mengeksekusinya. Di luar itu, Pak Erick menekankan pentingnya Keberanian mengambil keputusan besar, Kebersamaan dalam kolaborasi, dan Kebangsaan untuk selalu menempatkan kepentingan negara di atas segala-galanya,” tambah Achmad Fachrodji.

Pada kesempatan ini, Yuswohady dan Achmad Fachrodji, Direktur Utama Balai Pustaka mengumumkan bahwa pada 31 Juli 2024, akan diselenggarakan Indonesia Brand Forum (IBF) 2024. Kolaborasi strategis antara IBF dan Balai Pustaka ini akan menampilkan dua acara utama yang sangat berharga. Pertama, Conference. Dengan tema “Elephant Learns Flamenco: BUMN Menuju Indonesia Emas 2045“, konferensi ini akan menghadirkan sejumlah direksi BUMN untuk membahas Transformasi, Digitalisasi, dan Kolaborasi yang telah dilakukan selama 5 tahun terakhir di bawah kepemimpinan Erick Thohir.

Kedua, Book Launching. Akan diluncurkan buku dengan judul yang sama dengan tema Conference. Buku yang diterbitkan Balai Pustaka ini memotret dan mengulas perjalanan serta strategi BUMN dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, termasuk menyoroti kepemimpinan Erick Thohir serta keberadaan AKHLAK sebagai core values BUMN.[]sr