KAI Daop 5 Purwokerto Catat Peningkatan Penumpang Sebesar 27.3% di Semester 1 Tahun 2024

Purwokerto, 18 Juli 2024, pelakubisnis.com – Berdasarkan jumlah pelanggan KA di Daop 5 Purwokerto pada semester 1 tahun 2024, terjadi  peningkatan penumpang dibandingkan semester 1 tahun 2023 lalu sebesar 27,3%. Tencatat kinerja periode 1 Januari sampai dengan 30 Juni 2024, volume penumpang berangkat atau naik sebanyak 2.011.913 pelanggan. Sedangkan pada periode yang sama pada tahun 2023, volume penumpang naik di stasiun-stasiun penumpang di wilayah Daop 5 Purwokerto tercatat hanya 1.580.780 pelanggan.

“Terjadi peningkatan volume pelanggan pada periode semester 1 tahun 2024 di KAI Daop 5 Purwokerto sebanyak 431.133 pelanggan atau meningkat 27,3% dibandingkan periode semester 1 tahun 2023,” jelas Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto Feni Novida Saragih, Kamis (18/7) dalam keterangan tertulisnya.

“Peningkatan kinerja angkutan penumpang Daop 5 Purwokerto pada Semester I tahun 2024 ini tentunya sangat menggembirakan dan menunjukkan bahwa moda transportasi KA masih menjadi moda pilihan utama masyarakat dalam pilihan transportasi yang senantiasa mengutamakan kelamatan dan kemanan perjalanan KA,” imbuh Feni.

Peningkatan volume penumpang ini juga seiring dengan berbagai upaya KAI Daop 5 Purwokerto yang terus melakukan sejumlah inovasi peningkatan pelayanan pelanggan diantaranya dengan peningkatan kecepatan atau percepatan waktu tempuh agar lebih efisien waktu perjalanan KA. Hal tersebut dilaksanakan berbarengan dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) baru yang telah dimulai pada 1 Juni 2023 lalu. Waktu tempuh kereta api yang semakin cepat tersebut diantaranya pada KA Purwojaya relasi Gambir – Cilacap waktu tempuhnya menjadi  6 jam 5 menit saja, memangkas waktu sebanyak 1 jam 18 menit dari sebelumnya 7 jam 23 menit. Dengan waktu yang lebih singkat, para pelanggan dapat memanfaatkan waktu tersebut untuk berbagai kegiatan lainnya karena perjalanannya jauh lebih efisien. Bahkan untuk prosentase ketepatan waktu KA berangkat untuk KA Penumpang di wilayah Daop 5 Purwokerto untuk semester 1 Tahun 2024 adalah 99,93 persen.

Peningkatan pelayanan yang cukup signifikan terdapat di Stasiun Purwokerto dengan berbagai inovasi guna meningkatkan kualitas pelayanan dan fasilitas Standar Pelayanan Minimum (SPM) yang berbasis digital serta mengoptimalkan penataan area lingkungan stasiun guna memenuhi kebutuhan pelanggannya. Inovasi tersebut diantaranya dengan menghadirkan wajah baru dan transformasi pelayanan di Stasiun Purwokerto berupa fasilitas Skybridge yang merupakan akses penghubung antara bangunan loket dan layanan pelanggan baru atau Customer Service Counter dengan ruang tunggu zona 2 atau ruang kaca, Customer Service Counter, Luxury Lounge dan Ruang Rapat Serayu serta Space Tenant, Toilet Zona 3, Gate In, Area Dropzone kendaraan roda 4 dan area parkir roda 2, penataan area pertamanan dengan adanya Museum Lokomotif serta selasar penghubung menuju area Boarding Gate. Bahkan untuk mendukung transformasi digital, Stasiun Purwokerto telah memberlakukan fasilitas Face Recognition Boarding Gate sebanyak 4 unit untuk memudahkan proses boarding pelanggan, yakni cukup dengan memindai wajah tanpa perlu menunjukkan tiket dan tanda pengenal.

Sementara itu, Top 3 Stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto dengan jumlah penumpang berangkat terbanyak adalah :

1. Stasiun Purwokerto dengan jumlah penumpang naik sebanyak 734.559 pelanggan;

2. Stasiun Kutoarjo dengan jumlah penumpang naik sebanyak 286.838 pelanggan; dan

3. Stasiun Kroya dengan jumlah penumpang naik sebanyak 228.727 pelanggan.

Untuk Top 3 KA Daop 5 Purwokerto dengan jumlah pelanggan berangkat terbanyak adalah:

1. KA Kutojaya Selatan (KA 259) relasi dari Stasiun Kutoarjo-Kiaracondong sebanyak 97.520 pelanggan;

2. KA Serayu (KA 255) relasi dari Stasiun Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen sebanyak 92.246 pelanggan; dan 

3. KA Sawunggalih (KA 147) relasi dari Stasiun Kutoarjo-Purwokerto-Pasarsenen sebanyak 87.814 pelanggan.

Sedangkan untuk Top 3 Stasiun Tujuan pelanggan dengan jumlah penumpang naik terbanyak adalah Stasiun Pasarsenen sebanyak 296.073 pelanggan, Stasiun Yogyakarta sebanyak 174.515 pelanggan dan Stasiun Kiaracondong sebanyak 122.912 pelanggan.

“Berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas pelanggan baik yang sudah dilakukan maupun yang akan terus dikembangkan menjadi wujud komitmen KAI Daop 5 untuk menghadirkan service excellent yang memberikan nilai tambah dan manfaat bagi masyarakat sekaligus meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang selamat, aman, nyaman dan tepat waktu,” pungkas Feni.[]sr