KAI Daop 5 Purwokerto Layani 16.197 Peserta Edutrain pada Semester 1 Tahun 2024

Purwokerto, 31 Juli 2024, pelakubisnis.com – KAI Daop 5 Purwokerto menyadari bahwa anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Untuk itu, perlu diberikan ruang  belajar,  salah satunya mengenai pentingnya moda transportasi massal secara positif, kreatif, dan menyenangkan. KAI Daop 5 Purwokerto secara rutin menyelenggarakan kegiatan Edutrain yakni edukasi perkeretaapian kepada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

Edutrain merupakan kegiatan belajar untuk lebih mengenal perkeretaapian yang dipandu oleh KAI secara langsung di stasiun dan dalam perjalanan KA. Para peserta dapat menjajal pengalaman menggunakan KA sambil diberikan edukasi tata cara naik kereta api, profesi-profesi yang ada di KAI, larangan yang tidak boleh dilakukan selama naik kereta api, kemudahan memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, produk dan layanan KAI serta sosialisasi keselamatan seperti agar tidak bermain di sekitar jalur KA dan tidak melakukan vandalisme melempar KA. 

“Selama Semester 1 Tahun 2024, KAI Daop 5 Purwokerto telah melayani sebanyak 16.197 peserta Edutrain dari berbagai sekolah yang terdiri dari TK dan SD. Angka ini meningkat 9.137 peserta atau sebesar 129,4% dibandingkan dengan periode yang sama pada semester 1 Tahun 2023 yang melayani sebanyak 7.060 peserta Edutrain,” ujar Manager Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih dalam keterangan tertulisnya, Rabu (31/7).

Feni menambahkan, salah satu faktor terjadinya peningkatan ini dikarenakan semakin tingginya minat masyarakat karena hadirnya berbagai fasilitas baru di Stasiun Purwokerto seperti adanya gedung baru, skybridge, ruang kaca, working space, monument lokomotif, selasar baru, berbagai tenant baru, dan berbagai fasilitas lainnya. Selain itu, KAI Daop 5 Purwokerto mulai tahun 2024 tidak hanya melayani Edutrain pada hari kerja atau weekdays tapi juga pada akhir pekan seperti Sabtu- Minggu.

KAI Daop 5 Purwokerto melayani kegiatan Edutrain dengan memberikan edukasi di stasiun dan dalam perjalanan kereta api dimana para peserta menjajal langsung pelayanan dan perjalanan kereta api seperti relasi Purwokerto-Kroya, Purwokerto-Cilacap, Kroya-Cilacap, Kutoarjo-Kebumen, Bumiayu-Tegal, Gombong-Purwokerto, Purwokerto-Kebumen, dan relasi stasiun lainnya. 

“Kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap transportasi KA sehingga tumbuh kesadaran untuk sama-sama menjaga sarana dan prasarana kereta api untuk keselamatan bersama,” imbuh Feni.[]sr