Ingin Keluar Kota Naik Kereta Api, Berikut 7 Stasiun Layani Keberangkatan KAJJ di Daop 1 Jakarta

Jakarta, 26 Oktober 2024, pelakubisnis.com – Bagi calon penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang ingin berpergian keluar kota baik ke Bandung, Semarang, Cirebon, Yogyakarta hingga ke Malang dan lokasinya jauh dari dari 2 stasiun besar Gambir dan Pasarsenen.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melayani perjalanan KAJJ dibeberapa stasiun lainnya seperti Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Kerawang hingga Cikampek.

“Alternatif stasiun keberangkatan KAJJ diwilayah Daop 1 Jakarta agar dapat meminimalisir keterlambatan calon penumpang jasa angkutan kereta api yang rumahnya atau tempat tinggalnya jauh stasiun besar Gambir dan Pasarsenen,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, Sabtu (26/10).

Berikut Stasiun wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani penumpang KA Jarak Jauh;

1. Stasiun Gambir

Stasiun Gambir merupakan stasiun besar yang melayani penumpang kelas eksekutif namun juga ada beberapa kelas ekonomi premium seperti di KA Argo Parahyangan dan KA Argo Cheribon.

2. Stasiun Pasarsenen

Stasiun ini terletak di Kota Jakarta Pusat, stasiun Pasarsenen sendiri melayani penumpang KA Jarak jauh kelas campuran ada eksekutif, ekonomi premium hingga kereta PSO seperti kereta api KA Bengawan, KA Serayu, KA Airlangga dan KA Cikuray.

3. Stasiun Jatinegara

Stasiun ini awalnya hanya tempat kedatangan KA dari luar kota, Stasiun yang masih identik dengan bangunan Belanda tersebut sekarang sudah melayani keberangkatan untuk kebeberapa wilayah, seperti KA Argo Parahyangan, KA Cikuray, KA Argo Dwipangga dan masih ada Kereta Api (KA) kebeberapa wilayah tujuan lainnya.

4. Stasiun Bekasi

Stasiun ini terletak di Kota Bekasi, stasiun yang awalnya diperuntukan hanya untuk Kereta Rangkaian Listrik (KRL) saja, sekarang Stasiun Bekasi sudah melayani keberangkatan KAJJ kebeberapa wilayah pulau Jawa, Seperti KA Argo Parahyangan, KA Brawijaya, KA Gumarang, KA Gajayana dan masih banyak lagi KAJJ yang dilayani oleh stasiun Bekasi.

5. Stasiun Cikarang

Stasiun ini merupakan stasiun terintegerasi lainnya diwilayah Daop 1 Jakarta, ada KRL Listrik, Commuter Line Purwakarta atau KA Lokal hingga melayani perjalanan KA Jarak Jauh   kebeberapa wilayah di pulau Jawa dengan KA yang berhenti di Stasiun Cikarang yaitu diantara, KA Pandalungan, KA Menoreh, KA Cikuray, KA Bangunkarta, KA Jayakarta, KA Sawunggalih, KA Bogowonto dan ada beberapa KA lainnya.

6. Stasiun Karawang

adalah stasiun kereta api kelas besar tipe C yang terletak di Nagasari, Karawang Barat, Karawang. Stasiun yang terletak pada ketinggian +16 m ini termasuk dalam pengelolaan Daerah Operasi I Jakarta serta KAI Commuter dan merupakan stasiun yang berlokasi paling barat di Kabupaten Karawang. Adapun KA Jarak Jauh yang berangkat dari stasiun Karawangan adalah KA Cikuray, KA Serayu, KA Blambangan Ekspress, KA Jayabaya, KA Majapahit dan KA Singasari.

7. Stasiun Cikampek

Stasiun ini adalah stasiun paling ujung diwilayah Daop 1 Jakarta, ada 2 jalur percabangan distasiun ini, ada yang kearah Cirebon dan ada yang kearah bandung. selain KA Lokal atau Commuterline Purwakarta, Stasiun Cikampek juga aktif melayani KA Jarak Jauh seperti, KA Jayabaya, KA Singasari, KA Airlangga, KA Argo Cheribon, KA Cikuray dan KA Serayu.[]sr