Forum Bisnis Indonesia-AS, Mendag  Yakinkan Investor Berinvestasi di IKN

New  York,  21  November  2023, pelakubisnis.com – Menteri  Perdagangan  RI  Zulkifli  Hasan  mendorong  investor Amerika Serikat (AS) untuk berinvestasi di Ibu Kota baru Indonesia, yaitu Ibu Kota Negara (IKN),  di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ibu kota baru ini akan menjadi super hub yang dilengkapi kawasan industri dan jalur perdagangan strategis. IKN  akan berkontribusi terhadap perekonomian    dunia    sejalan    dengan    Tujuan    Pembangunan    Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) pada 2035.

Demikian disampaikan Zulkifli Hasan saat menghadiri Forum Bisnis Indonesia-AS dengan tema “Peluang Perdagangan dan Investasi di IKN” di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di New York,  AS,  pada  20/11.  Turut  mendampingi  Zulkifli  Hasan  yaitu  Direktur  Jenderal Perundingan   Perdagangan   Internasional   Djatmiko   Bris   Witjaksono   dan   Staf   Khusus   Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara Hasibuan.

“Pembangunan  IKN  ini  merupakan  proyek  besar  yang  membutuhkan  investasi  dan  kolaborasi berbagai   pihak.   Investasi   swasta   sangat   terbuka   lebar   di   berbagai   sektor,   termasuk   sektor pendukung perdagangan seperti infrastruktur, transportasi, dan logistik,” ujar Mendag  Zulkifli Hasan.

Zulkifli   Hasan  meyakinkan   para   investor   agar  tidak   ragu  dalam   menjajaki   peluang perdagangan  dan  investasi  di  Indonesia  sebab  pertumbuhan  ekonomi  Indonesia  tetap  kuat  di tengah kondisi perekonomian global yang tidak menentu. Pada triwulan III 2023 ekonomi Indonesia tumbuh 4,94 persen secara tahunan (YoY) dengan inflasi tetap terjaga 2,28 persen pada September 2023.

Zulkifli Hasan menyampaikan terima kasih atas antusiasme yang positif dari pelaku usaha dalam  forum  ini  dan  berharap  semakin  banyak  kerja  sama  Indonesia-AS  yang  akan  terjalin.  Hal tersebut  sejalan  dengan  hasil  pertemuan  Presiden  Joko  Widodo  dan  Presiden  AS  Joe  Biden  yang telah  berkomitmen  meningkatkan  status  kerja  sama  kedua  negara  dari Strategic  Partnership ke Comprehensive Strategic Partnership (CSP).

Lebih lanjut, investasi yang hadir di IKN juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang bermanfaat bagi semua orang, termasuk UMKM Indonesia.

“Kementerian Perdagangan juga akan bekerja secara berkesinambungan bersama Otorita IKN dan seluruh  instansi  terkait,  dalam  menciptakan  Ibu  Kota  Negara  Nusantara  yangberasaskan  pada pemerataan ekonomi,dan memanfaatkan IKN dalam mewujudkan sektorperdagangan yanglebih kuat dan transformatif”, tegas Zulkifli Hasan.

Data  realisasi  investasi  Indonesia  hingga  September  2023  mencapai  Rp374,4  triliun  dan  telah menyerap tenaga kerja sebanyak 516.467 tenaga kerja pada kuartal ketiga tahun 2023. Lima sektor utama dalam realisasi investasi Indonesia mencakup sektor manufaktur, industri farmasi dan kimia, pertambangan,    industri    kertas    dan    pengolahan,    dan    transportasi,    pergudangan,    dan telekomunikasi.

Sektor swasta AS selama ini juga banyak melakukan investasi di Indonesia, khususnya pada bidang pertambangan, mesin, dan farmasi.Pada tahun 2022, realisasi investasi AS di Indonesia mencapai USD 3 miliar dan termasuk dalam 5 besar negara asal investasi di Indonesia.

Sebelum menghadiri forum bisnis ini, Delegasi Indonesia berkunjung ke kantor Urbahn Architects di World  Trade  Center,  New  York,  AS.  Urbahn  Architects  merupakan  perusahan  yang  memiliki spesialisasi dalam perencanaan dan desain master (grand design) untuk fasilitas publik.

Dalam  kunjungan  ini,  Urbahn  Architects  menyatakan  kesiapannya  dalam  menjembatani desainer, pengembang, dan calon investor ke IKN. Keterlibatan Urbahn Architects dalam pembangunan IKN bertujuan  untuk  mengintegrasikan  standar  desain  dan  pembangunan  dengan  kualitas  arsitektur setingkat New York untuk ibu kota baru Indonesia.

Urbahn  Architects  juga  telah  mengkurasi  100  peserta  untuk  hadir  di  dalam  Forum  Investasi Indonesia-AS.    Partisipasi    tersebut    bertujuan    untuk    menjembatani    pasar    arsitek    dengan pengembang dari Indonesia dan AS.[]sp