Kemendag Minta Klarifikasi PT ADM Terkait Dugaan Skandal Uji Keselamatan Daihatsu

Jakarta, 31 Desember 2023, pelakubisnis.com – Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) Kementerian Perdagangan bertemu PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk meminta klarifikasi terkait maraknya   pemberitaan dugaan skandal uji   keselamatan   kendaraan   merek Daihatsu.    Pertemuanter sebut menegaskan    komitmen KementerianPerdagangan dalam perlindungan konsumen.   Pertemuan diadakan   di   kantor   Kementerian   Perdagangan,   Jakarta, pada 29/12.

“Kementerian Perdagangan  meminta klarifikasi PT ADM  terkait maraknya  pemberitaan  dugaan skandal  uji  keselamatan  kendaraan Daihatsu.  Kementerian  Perdagangan  meminta PT ADM lebih memperhatikan kendaraan bermotor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia agar aman digunakan oleh konsumen Indonesia. Sebagai ketegasan pemerintah   dalam perlindungan konsumen, Kementerian Perdagangan akan terus melakukan pembinaan kepada pelaku usaha akan pentingnya keamanan dan keselamatan produk yang diperdagangkan,” ujar Moga.

Moga menyatakan, Ditjen  PKTN  berwenang memastikan  terpenuhinya  kewajiban  pelaku  usaha terhadap  keselamatan  konsumen  atas barang yang diperdagangkan di Indonesia. Dalam  hal  ini, kendaraan  bermotor yang  dipasarkan PT ADM berkaitan  erat  dengan  keamanan,  kenyamanan,dan keselamatan konsumen.

“Sembari   menunggu   hasil   uji pencuplikan (sampling) yang akan dilakukan Kementerian Perhubungan, konsumen diharapkan tetap tenang dan menggunakan kendaraannya seperti biasa.Kementerian Perdagangan dan pemangku kepentingan lainnya akan terus berupaya menegakkan perlindungan konsumen,”ungkap Moga.

Executive  Officer,Corporate  Function  Directorate PT ADM Johan memastikan, semua  kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusi, dan dipasarkan di Indonesia tidak memiliki masalah kualitas dan  keselamatan serta  memenuhi  regulasi  yang  berlaku  di  Indonesia. Selain  itu, pengiriman domestiksudah  dilakukan  mulai 22  Desember 2023. Kemudian, PT ADM juga telah  kembali melakukan  pengiriman secara  normal  mulai 26  Desember  2023 ke  lebih  dari  60  negara tujuan eksporyang telah memberikan konfirmasi karena telah disetujui otoritas negara tujuan ekspor.

“Produk-produk  Daihatsu  di  Indonesia  telah  memenuhi  syarat  teknis  keselamatan  dan  keamanan sesuai  dengan  standar  ketentuandi  Indonesia.  Selain  itu, produk  yang  diisukan  tersebut dapat dipastikan tidak diperdagangkan di Indonesia,”ungkap Johan.

Lebih lanjut, Johan menyampaikan, produk Daihatsu di Indonesia tidak terkait dengan yang terjadi di  Jepang.Produk Daihatsu di  Indonesia  sudah  dilakukan  pengujian  oleh  pihak  terkait  untuk memastikan  kendaraan  benar-benar  dalam  keadaan  aman. Johan  juga  menerangkan, PTADM memiliki kana linformasi dan pengaduan konsumen.

“PT  ADM memiliki  layanan  surat  elektronik dihotline@daihatsu.astra.co.id dan pusat  panggilan 1500898 sebagai bentuk penyelenggaraan perlindungan   konsumen. Layanan   tersebut untuk mempermudah konsumen dalam memperoleh informasi dan menyampaikan pengaduan,”pungkas Johan.[]sp