BPPT dan Korea Selatan Perkuat Kerjasama Teknologi

Korea Selatan, 21 Desember 2018, pelakubisnis.com  – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kunjungi Korea Selatan untuk melakukan penandatangan MoU dengan Green Technology Center (GTC). Penandatangan ini dilaksanakan untuk membentuk BPPT-GTC Green Technology Partnership Initiative (GTPI) yang akan mewadahi tiga bidang teknologi.

Plt. Kepala BPPT, Wimpie A.N. Aspar, menyampaikan kerjasama GTPI terlebih dahulu akan fokus dalam bidang agrikultur, energi, dan manajemen limbah serta lingkungan. “Kerjasama ini akan kita awali di tiga bidang terlebih dahulu, tidak menutup akan merambah ke bidang teknologi lainnya,” harap Wimpie usai menandatangi MoU di Korea, pada 18/12.

Kepala BPPT menyoroti peternakan sapi di Korea yang sudah otomatis, dari breeding hingga potong. Bahkan telah menggunakan barcode, sehingga produk daging bisa dilacak dengan mudah.  “Saya lihat smart farming yang dilakukan Korea sangat mungkin diterapkan di Indonesia untuk mendukung program Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yaitu Making Indonesia 4.0,” tegas Kepala BPPT.

Sementara Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Umar Hadi, mendukung kerjasama BPPT dengan GTC. Dirinya juga mengamini pernyataan Kepala BPPT mengenai smart farming.

 

“Pemerintah Korea juga menginginkan smart farming diterapkan di Indonesia. Saya harap BPPT bisa mengkaji teknologinya, serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi peternakan di Indonesia,” pinta Dubes Umar.

Dubes Umar menerangkan BPPT memiliki deputi bidang pengkajian teknologi yang membina pengusaha berbasis teknologi. “Saya meminta dukungan BPPT membantu meningkatkan kemampuan para pekerja yang ada di Korea, sehingga bisa menjadi enterpreneurship ketika kembali ke Indonesia,” harap Dubes Umar.

Di kesempatan terpisah Presiden National Research Council (NRC) Korea, Kyoung Ryung Seong, menyampaikan Pemerintah Korea akan meningkatkan hubungan kerjasama terutama setelah kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Korea, dan penandatangan MoU Indonesia – Korea dalam pengembangan Industri 4.0 di Indonesia.

Sebagai informasi Penandatanganan MOU antara BPPT dan GTC – Korea Selatan, dalam rangka Pembangunan Green Teknologi Partnership Initiative untuk mendukung Pengkajian dan Penerapan Teknologi  Green Technology, Smart Farming,  Energi, Lingkungan & Kebencanaan, serta Manajemen Pengelolahan Sampah.

Selain melakukan penandatangan MoU, Delegasi BPPT yang terdiri dari Plt. Kepala BPPT, Deputi Kepala BPPT Bidang TAB, Direktur PTPP, dan Kepala Biro HKH juga mengikuti Simposium Indonesia-Korea Global Forum on Disaster Management, dan berkesempatan mengunjungi Korean Environmental Industry and Technology Institute (KEITI) yang dihadiri juga oleh Deputi Chief of Mision,  Siti Sofia Sudarma  Kedutaan besar RI Korea Selatan. [] HUMAS/HMP/foto ilustrasi hubungan Indonesia Korea Sealan/winnetnews.com/akurat.co