Kolaborasi Pertamina di Ajang MotoGP Mandalika Bagai “Bintang Jatuh”

Jakarta, 19 September 2022, pelakubisnis.com  – PT Pertamina (persero) menunjukkan keberhasilan kolaborasi multistakeholders.  Perhelatan “Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022” yang berlangsung 18-20 Maret 2022, di Pertamina Mandalika Circuit, The Mandalika, Lombok, NTB menjadi bukti nyata keberhasilan itu.

Vega Pita, Corporate Brand Manager PT Pertamina (Persero) dalam acara Indonesia Brand Forum (IBF) Conference 2022, 19 September 2022 mengungkapkan,  kolaborasi ini merupakan tantangan yang menarik bagi Pertamina. “Sejak mendapat tawaran menggelar MotoGP di Mandalika, ini seperti bintang jatuh. Seperti durian runtuh. Sementara banyak negara menutup diri, dengan menggelar Moto GP berarti kita membuka diri, menggelar sebuah even besar yang disaksikan seluruh dunia,” ujarnya 

Vega memaparkan,  dalam mengolah tawaran besar yang seperti durian runtuh itu, Pertamina mengajak banyak pihak berkolaborasi. Dan khusus untuk Pertamina, mereka memanfatkan sentimen nasionalisme untuk meyakinkan banyak pihak di dalam negeri bahwa event besar ini bisa digelar dan dapat memberi banyak manfaat, tidak hanya bagi Pertamina, tapi juga Indonesia sendiri. 

“Bagi Pertamina, event MotoGP Mandalika ini adalah kesempatan  membuat asosiasi yang kuat tentang Pertamina sebagai resilient brand (merek yang tangguh). Juga brand yang kuat dalam hal endurance, speed, dan technology, baik di kalangan bisnis, penggemar MotoGP, dan pengguna sepeda motor. Ini peluang Pertamina diasosiasikan dengan hal-hal tersebut,” katanya.

Sementara bagi Indonesia, ajang MotoGP Mandalika merupakan nation branding yang luar biasa. “Menunjukkan negara kita sanggup menggelar perhelatan besar di masa pandemi,” tambah Vega.

Menurut Vega,  penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia ini tidak hanya memperkuat positioning dan brand equity Pertamina, tapi juga memperkuat nation branding Indonesia sebagai negara yang tangguh di tengah krisis pandemi global.

Sesi “Tribes Collab, Engaging Fans” adalah bagian dari Indonesia Brand Forum (IBF) Conference 2022. Diselenggarakan dalam format hybrid (Online dan Offline), IBF Conference 2022 berlangsung selama 19-20 September 2022. Khusus untuk IBF Conference 2022, acara konferensi ini menghadirkan 14 pembicara ternama dan representatif yang mewakili brand-brand papan atas nasional untuk menjelaskan apa, mengapa, dan bagaimana praktik kolaborasi yang mereka lakukan.[] sr